Pilih Berbuat Nyata atau Menjadi Manusia Virtual

2
Virtual or Real Man

Jakarta – Sebuah Video diunggah ke laman facebook oleh akun dengan nama Varun Pruthi, seorang sutradara dan aktor film India. Video yang dibuat oleh Basant Saini dan Arun Dayal tersebut berisi sindiran kepada masyarakat India yang begitu keranjingan dengan sosial media.

Didalam video yang diunggap pada 9 februari 2015 tersebut, digambarkan kebiasaan masyarakat India saat ini yang menceritakan segala sesuatu di sosial media. Digambarkan bagaimana masyarakat hanya bisa menyampaikan keluhan, kritik dan pendapat hanya melalui sosial media dibanding melakukan tindakan nyata.

Dalam salah satu cuplikan video tersebut digambarkan seorang pemuda yang melihat seorang pejalan kaki membuang sampah sembarangan dijalanan. Si pemuda bukannya mengingatkan tapi malah mengambil foto sampah tersebut dan mengunggah ke akun Instagram nya dengan disertai sebuah kritikan sosial atas perilaku tersebut.

Video itu ditujukan sebagai sebuah pengingat bagi masyarakat India, apakah hanya akan menjadi sekedar masyarakat virtual atau masyarakat nyata yang melakukan perbuatan nyata. Diakhir video tersebut disampaikan sebuah pesan “Problems Just Cannot Be Solved By Protesting About It Online“.

Nampkanya video ini juga merupakan sindiran untuk seluruh pemakai sosial media diseluruh dunia yang telah menjadi manusia virtual dibanding jadi manusia nyata. Sebagaimana yang terjadi juga di Indonesia.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca