Untuk Rekonsiliasi, Agun Usulkan Forum Yang Setara Dengan Munas Golkar

1
Agun Gunandjar Sudarsa Memberi Keterangan pada Pers

Jakarta – Ketua DPP Partai Golkar hasil Munas Ancol Agun Gunandjar Sudarsa menganggap perlunya forum lain di luar Mahkamah Partai sebagai sarana untuk mencapai rekonsiliasi. Forum tersebut harus setara dengan Munas di partai berlambang pohon beringin tersebut.

Menurutnya, DPP hasil Munas Ancol siap berunding untuk melakukan rekonsiliasi sebagai jalan penyelesaian konflik di internal Golkar. Namun, dia mengingatkan, persoalan rekonsiliasi bukan semata membentuk kepengurusan tunggal semata. Sebab, ada persoalan lain, yaitu apakah upaya rekonsiliasi tersebut hanya cukup melalui forum Mahkamah Partai saja.

“Saya berpendapat tidak bisa karena bukan semata soal kepengurusan tapi persoalan substansi, persoalan pelanggaran AD/ART partai, pelanggaran doktrin partai. Jadi harus ada forum lain yang derajat dan tingkatnya sama kekuatan hukumnya dengan Munas,” katanya dalam pernyataan kepada awak media di Jakarta, Selasa (16/12).

Oleh karena itu, lanjutnya, sebelum melangkah ke arah rekonsiliasi itu, upaya penyelesaian konflik di tingkatan internal Golkar harus terlebih dahulu menyepakati beberapa masalah penting. Antara lain: menyangkut dasar, prinsip, personil, substansi dan agenda untuk mencapai sebuah rekonsiliasi. “Baru memutuskan (bentuk) forumnya, yang pijakan hukumnya tetap AD/ART dan doktrin partai Golkar,” lanjutnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya menghormati keputusan Kementerian Hukum dan HAM yang menyarankan perlu ada penyelesaian di tingkatan internal partai, di samping mengakui Munas Golkar di Ancol maupun di Bali sebagai Munas yang sah.

Meskipun secara prinsip terbuka terhadap saran Kemenkumham, namun Agun berpendapat, terlebih dahulu harus ada penyelesaian perbedaan substansi yang dihasilkan kedua Munas. “Seperti soal KMP-KIH, DPRD atau Rakyat di pilkada, penyeimbang atau pendukung pemerintahan. Dan, untuk mengujinya harus menggunakan instrumen hukum AD/ART dan doktrin karya dan kekaryaan,” pungkasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca