KPU Siapkan 3 Draft PKPU Sambil Menunggu Pembahasan Perppu Pilkada

1
Ketua KPU Husni Kamil Manik

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah membuat tiga buah draft Peraturan KPU sebagai aturan lanjutan Perppu No. 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walilota atau dikenal dengan sebutan Perppu Pilkada.

“Kita baru membahas format PKPU. Bagian pasal per pasal ada tiga. Pertama, tahapan dan jadwal pemilihan gubernur, bupati dan walikota. Kemudian, kedua pemutahiran daftar pemilih. Ketiga, pencalonan,” kata Ketua KPU Husni Kamil Manik kepada wartawan di kantor KPU di Jakarta, Senin (15/12).

Menurutnya, KPU masih perlu melakukan pematangan terhadap ketiga draft PKPU itu. Setelah itu, KPU akan membuka ruang bagi konsultasi publik sehingaa ada respons publik terhadap penyempurnaan PKPU itu.

“Kemudian KPU akan koreksi dari konsultasi publik itu dan akan bisa dijadikan bahan konsultasi kepada DPR dan pemerintah,” jelasnya.

Setelah melewati konsultasi, imbuhnya, KPU akan melakukan koreksi dari berbagai masukan yang ada. Kemudian, sesudah koreksi dirasa cukup, maka akan ada pedoman bagi penetapan kepala daerah dalam Pilkada serentak 2015.

“Ruang konsultasi itu anytime (kapan saja), tapi KPU menargetkan sebelum diresponnya Perppu no. 1 tahun 2014 ini oleh DPR, seluruh perangkat peraturan KPU itu bisa tuntas. Sehingga begitu ditetapkan KPU bisa menindaklanjuti penetapan Perppu itu dengan PKPU,” tutupnya.

Sementara pembahasan Perppu Pilkada masih menunggu jadwal sidang DPR yang saat ini masih dalam masa reses hingga 10 Januari 2015 mendatang. Nantinya, DPR akan menetapkan apakah menerima atau menolak Perppu yang diterbitkan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Kemungkinan DPR akan menerima Perppu Pilkada semakin kuat setelah jajaran pimpinan Koalisi Merah Putih (KMP) menemui Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di kediaman pribadinya di Cikeas bebebera waktu lalu. Di hadapan SBY, jajaran pimpinan KMP menyatakan dukungannya terhadap Perppu yang mengembalikan Pilkada secara langsung.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca