Survei Cyrus Network: Masyarakat Mau Tokoh Muda Jadi Ketua Umum Partai Politik

0

Jakarta – Hasil survey Cyrus Network menunjukkan masyarakat menginginkan adanya regenerasi kepemimpinan partai politik. Masyarakat menganggap, tokoh-tokoh muda perlu diberikan kesempatan memimpin partai.

Survei nasional Cyrus Network mengenai regenerasi partai politik pada tanggal 1-7 Desember 2014 itu menyoroti empat partai politik besar, yaitu PDI-P, Golkar, Gerindra dan partai Demokrat.

CEO Cyrus Network Hasan Nasbi mengungkapkan, mayoritas responden menginginkan partai politik dipimpin oleh Ketua Umum yang berusia di bawah 60 tahun. “Secara umum 80 responden menginginkan agar partai politik dipimpin oleh Ketua Umum yang berusia 41-50 tahun dan 51-60 tahun,” katanya dalam pemaparan hasil riset Cyrus Network di Jakarta, Senin (15/12).

Sedangkan, kepada tokoh partai politik yang usianya di atas 60 tahun, mayoritas responden berpendapat, lebih cocok untuk mengisi posisi di luar pengurus harian partai. “Selain itu, 61 persen responden menyatakan bahwa sebaiknya tokoh parpol yang berusia di atas 60 tahun ditempatkan sebagai Dewan Pembina, Dewan Pertimbangan atau Dewan Penasehat Partai, bukan pengurus harian partai,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Survey Cyrus menunjukkan hanya 48 persen responden yang menganggap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri masih layak memimpin kembali partai berlambang kepala banteng itu. Dukungan terhadap Megawati masih kalah dibandingkan dengan Puan Maharani (18 persen) dan Joko Widodo (26 persen).

Sedangkan, dukungan responden terhadap kepemimpinan Aburizal Bakrie di partai Golkar hanya 43 persen. Sebaliknya, responden menganggap Prabowo Subianto dan Susilo Bambang Yudhoyono masih layak untuk memimpin partainya hingga lima tahun mendatang. Dukungan responden untuk Prabowo (68 persen) dan SBY (59 persen).

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca