Sesuai Amanat Perppu, MA Siapkan 4 PTUN Untuk Sidangkan Sengketa Pilkada

0
Ketua KPU, Husni Kamil Manik dan Hakim Agung Bidang Tata Usaha Negara Supandi

Jakarta – Mahkamah Agung (MA) sudah menyiapkan empat Pengadilan Tata Usaha Negara sebagai tempat penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah sesuai amanat Perppu No. 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Hakim MA Supandi menyatakan, majelis khusus mahkamah agung sudah mempersiapkan persoalan yang berkaitan dengan penyelesaian sengketa Pilkada.

“Ketika pemilihan legislatif, sudah ditunjuk hakim khususnya. Dan, itu bisa juga digunakan untuk pemilihan kepala daerah,” katanya usai menemui komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ┬ádi gedung KPU di Jakarta, Jumat (09/01).

Empat pengadilan tinggi yang disiapkan MA antara lain Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara di Medan, Jakarta, Surabaya dan Makassar.

Namun demikian, dia menegaskan, sesuai dengan amanat Perppu Pilkada, semua persoalan sengketa pemilu terlebih dahulu diselesaikan melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Baik yang menyangkut persoalan administratif maupun pidana.

“Semua harus lewat Bawaslu dulu. Bawaslu maupun di daerah Panwaslu, mereka selesaikan dulu. Kalau tidak puas, baru dibawa ke pengadilan,” ucapnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca