Seluruh Partai KMP Punya Kepentingan Masing-Masing Terhadap Perppu Pilkada

0

Jakarta – Direktur ‎Solusi Untuk Negeri (SUN) Institut Andrianto mengatakan bahwa partai-partai dalam Koalisi Merah Putih (KMP) memiliki kepentingan masing-masing terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Perppu Pilkada). Hal itu dapat terlihat dari bagaimana respon yang berbeda antar partai menanggapi perppu tersebut.

‎”Saya rasa berlaku Diktum Politik adalah seni kemungkinan yang berlandaskan kepentingan semaata dan sekarang berlaku buat KMP dalam hal Perppu Pilkada, tidak ada yang spesial dalam hal itu,”‎ katanya saat dihubungi fren247.com, Sabtu (13/12).

Andrianto melanjutkan bahwa seluruh partai yang tergabung di dalam KMP akan saling menyesuaikan agar KMP tetap solid dan tidak mengalami perpecahan. Dia melihat KMP tidak akan pecah karena isu-isu parsial seperti itu.

“‎Karena arus besarnya kan dukung Perppu Pilkada tentu KMP menyesuaikan saja kan. ‎Jadi tidak akan berkorelasi jauh terhadap kesolidan KMP. Karena KMP tentu tidak berlandaskan pada isu-isu parsial‎,” ujar dia.

Sebelumnya Perppu Pilkada itu memunculkan spekulasi terkait kesolidan KMP. Andrianto memprediksi bahwa Sidang Paripurna dalam pembahasan tidak akan mengalami Deadlock di antara partai Koalisi Merah Putih (KMP).

Dia meyakini KMP tentu akan solid dalam isu-isu strategis lainnya. Pasalnya, bangunan komunikasi sudah terbangun sejak pembahasan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3).‎ “Saya rasa tidak akan Deadlock. Media komunikasinya sudahh terbangun sejak kemarin menggolkan UU MD3,” jelas Andrianto.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca