RMPJ : Cara Mengurus Pindah Memilih pada PILPRES 9 Juli 2014

3
Relawan Merah Putih Jawa Timur
Relawan Merah Putih Jawa Timur
Relawan Merah Putih Jawa Timur

Surabaya – Relawan Merah Putih Jawa Timur (RMPJ) ikut membantu sosialisi cara pengurusan pindah memilih yang dikeluarkan KPU (SE KPU Nomor 1359/KPU/VII/2014) dengan cara mengumumkan di media sosial dan membagikan selebaran di tempat tempat umum.

Ketua RMPJ, Ferry Koto, mengatakan bahwa banyak mahasiswa dan pekerja perantau tidak mengetahui cara pengurusan pindah memilih ini dan tidak mengetahui bahwa pindah memilih tidak perlu diurus sendiri ke daerah asal.

“Banyak pemilih yang ingin memilih pasangan Nomor 1, Prabowo-Hatta, pada 9 juli nanti, tapi tidak bisa menggunakan hak pilihnya, karena terdaftar sebagai pemilih di luar Surabaya, baik pekerja ataupun Mahasiswa, sementara mereka tidak bisa pulang kedaerah asal untuk mengurus Pindah memilih ¬†” jelas Ferry Koto.

“KPU sebenarnya melalui Surat Edaran¬†SE KPU Nomor 1359/KPU/VII/2014, telah memberikan kemudahan bagi Pemilih yang sedang tidak didaerah asal untuk mengurus dan menggunakan hak pilihnya, tapi nampaknya hal ini tidak tersosialisasikan dengan baik”, lanjut Ferry.

Berikut isi selebaran tata cara mengurus pindah pilih tanpa perlu datang sendiri ke daerah asal yang dibuat oleh Relawan Merah Putih Jawa Timur:

Ingin mencoblos No.1 PRABOWO-Hatta pada Pilpres 9 Juli nanti tapi tidak bisa pulang ke daerah asal dimana terdaftar sebagai pemilih, maka dapat melakukan salah satu dibawah ini agar tetap dapat menggunakan hak pilih dimanapun berada saat ini (SE KPU Nomor 1359/KPU/VII/2014) :

(contoh : anda ber KTP Papua dan saat ini kuliah/kerja di Surabaya)

1. Paling lambat tanggal 29/6 Mengurus Form A5 ke kantor KPUD Surabaya untuk pindah memilih. (ini sudah terlambat bagi yang belum mengurus) LEWATKAN !!!

2. Bagi yang belum mengurus sampai tanggal 29/6 lalu, masih ada kesempatan mengurus tanpa perlu pulang ke daerah asal (Papua), yaitu dengan meminta keluarga di daerah asal (Papua) membantu menguruskan, paling lambat H-3 (6 juli), dengan cara Keluarga mendatangi PPS asal (Papua) :

  1. Keluarga menunjukan Kartu Keluarga (KK) atau identitas pemilih lainnya yang sah dan BUKTI TELAH TERDAFTAR SEBAGAI PEMILIH di PPS bersangkutan (Papua)
  2. Mengisi Form pindah memilih yang disediakan (form A5)
  3. Form tersebut dikirimkan ke pemilih bersangkukutan (boleh aslinya via pos atau hasil scan via email)
  4. Pemilih menyerahkan form A5 tsb (asli atau hasil scan yg diprint) ke PPS tujuan (Surabaya) paling lambat H-3 (6 juli) sebelum coblosan
  5. PPS (Surabaya) akan menentukan dimana TPS tempat pemilih memilih di Surabaya dengan mempertimbangkan jarak tempat tinggal dan ketersedian surat suara.
  6. PPS (Surabaya) mencatat pemilih ke daftar Pemilih tambahan (form A4) dan menyerahkan ke KPPS untuk diumumkan di TPS
  7. Silahkan memilih dan coblos NO. 1 PRABOWO-HATTA pada tanggal 9 juli di TPS yang telah ditentukan (Surabaya) dengan membawa Form A5 dan identitas diri.

Selamat menggunakan hak Pilih dan coblos No.1 PRABOWO-HATTA pada 9 Juli 2014.

Salam Merah putih,
Salam Indonesia Bangkit
Relawan Merah Putih Jatim

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca