Presiden Perlu Ingatkan Para Menterinya Serahkan LHKPN

0

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan mengingatkan para menterinya untuk segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan oleh politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eva Kusuma Sundari. Dia menyatakan, jika seseorang sudah duduk menjadi pejabat negara, maka secara otomatis harus melaporkan harta kekayaannya kepada KPK. “Mudah-mudahan Pak Jokowi segera bisa mengingatkan menteri-menteri yang lain,” katanya di Warung Daun Cikini Jakarta, Sabtu (08/11).

Menurutnya, menteri yang perlu segera melaporkan harta kekayaannya secara lengkap adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Men PAN) yang saat ini dijabat oleh Yuddi Chrisnandi. Ini dimaksudkan agar bisa menjadi contoh bagi menteri yang lain. “Karena dia adalah Men PAN, maka mempunyai legitimasi untuk mengingatkan menteri yang lain untuk segera mengikuti langkah beliau melaporkan kepada KPK,” tegasnya.

Dia menambahkan, jika para menteri Kabinet Kerja masih juga membandel meskipun sudah mendapatkan teguran dari Jokowi, maka menjadi tugas KPK untuk mengingatkan. “Karena itu otoritas dan kewajiban KPK untuk mengingatkan semua pejabat negara menyerahkan laporan kekayaannya,” tandasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca