Presiden Jokowi Lantik Pimpinan Sementara KPK

0
Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik pimpinan sementara KPK di Istana Negara Jakarta, pagi ini, Jumat (20/2), pukul 8.00 WIB.

Tiga Pimpinan Sementara (Pjs) yang dilantik adalah Johan Budi Sapto Prabowo, Taufiequrachman Ruki dan Indriyanto Seno Aji. Ketiganya ditunjuk untuk menggantikan sementara 3 orang pimpinan KPK yang sudah non aktif dari KPK, yaitu M. Busyro Muqoddas, Abaraham Samad dan Bambang Widjajanto.

Busyro non aktif karena sudah habis masa tugasnya di KPK dan belum ada pengganti definitif. Sementara Abraham Samad dan Bambang Widjajanto diberhentikan sementara oleh Jokowi karena telah dijadikan tersangka oleh Polisi.

Untuk mengisi kekosoangan jabatan pimpinan KPK dan agar KPK tetap dapat bekerja sesuai UU, maka Jokowi menunjuk pimpian sementara KPK. Hal ini dilakukan karena berdasarkan UU KPK, pengambilan keputusan di KPK hanya sah bila dilakukan oleh minimal 3 orang pimpinan KPK.

Dengan pelantikan ini, maka Abraham Samad dan Bambang Widjajanto yang secara resmi akan habis masa jabatannya pada Desember 2015, hari ini berakhir karir nya di KPK.

Sebagaimana diketahui Samad dan Bambang dijadikan tersangka oleh Polisi setelah sebelumnya Komjen Pol Budi Gunawan calon Kapolri usulan Presiden Jokowi dijadikan tersangka oleh KPK.

Bambang tersangka atas kasus rekayasa saksi pada sengketa pilkada Kotawaringin Barat di Mahmakah Konstitusi tahun 2010 lalu saat jadi pengacara. Sementara Samad dijadikan tersangka atas kasus pemalsuan dokumen kependudukan KTP dan KK atas nama Feriyani Lim pada tahun 2007.

MENARIK DIBACA

loading...

1 KOMENTAR

Tanggapan Pembaca