Pram Sebut KIH Masih Satu Suara

0

Jakarta – Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pramono Anung menampik anggapan bahwa partai pendukung Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tidak kompak dalam menanggapi proses rujuk antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di parlemen.

“Sekarang semuanya sudah pada satu suara dan memberikan mandat sepenuhnya kepada saya dan Pak Olly (Dondokambey) untuk menyelesaikan itu. Sehingga dengan demikian, ini mudah-mudahan bisa diselesaikan dalam waktu dekat,” katanya kepada wartawan di Gedung DPR Senayan Jakarta, Rabu (12/11).

Dia menyampaikan, pada siang ini dirinya akan menemui perwakilan KMP, Hatta Rajasa, untuk merundingkan kembali kesepakatan antara KMP dan KIH. Sehingga dia optimis, persoalan antara KMP dan KIH bisa segera selesai. “Dan Insya Allah saya meyakini, ini akan bisa ada titik temu untuk penyelesaiannya,” jelasnya.

Menurutnya, setidaknya ada 4 poin penting yang disepakati para Ketua Umum partai KIH. Pertama, KIH telah menyepakati dirinya dan Olly Dondokambey menjadi tim lobby dari KIH, sedangkan Ketum PAN Hatta Rajasa dan Sekjen Gokkar Idrus Marham menjadi tim lobby KMP soal Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Kedua, Badan Legislasi menjadi pintu masuk penyelesaian persoalan.

Ketiga, lanjut Pram, tanggal 5 Desember menjadi tenggat waktu terakhir penyelesaian karena itu menjadi waktu berakhirnya masa reses DPR. Terakhir, beberapa pasal yang kemudian dianggap bisa membahayakan sistem presidensial akan direvisi. “Dan untuk itu, ini bagian yang diminta untuk duduk bersama dibicarakan dengan teman-teman di Koalisi Merah Putih. Saya meyakini, karena ini itikadnya baik,” tandasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu KMP dan KIH berkomitmen mengakhiri konflik di parlemen yang disebabkan tidak ada satu pun Fraksi KIH yang duduk menjadi pimpinan alat kelengkapan dewan. Salah satu langkah damai yang ditempuh adalah dengan mengakomodir Fraksi KIH di alat kelengkapan dewan. Setidaknya, ada 21 kursi pimpinan alat kelengkapan yang akan diberikan kepada KIH.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca