Pondok Pesantren Lirboyo Dukung Prabowo-Hatta

3

KOMUNITAS_Lirboyo

UNGARAN – Kalangan Nahdliyin di Kabupaten Semarang terutama dari Pesantren Lirboyo memberikan dukungan secara penuh kepada calon presiden Prabowo-Hatta yang akan bertarung pada Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang.

[ads1][ads2]

Meski PKB sebagai partai dengan latar belakang NU secara resmi telah bergabung dalam koalisi PDI-P yang mengusung Jokowi-Jusuf Kalla, pengaruh Lirboyo (Jawa Timur) akan menggiring sebagian kiai mendukung capres dan cawapres Prabowo-Hatta.

“Kalau masyayikh Lirboyo seperti Mbah Idris (KH Idris Marzuki) dan Mbah Anwar (KH Anwar Mansur) kelihatannya arahnya ke Prabowo,” ungkap KH Zaenal Muttaqi, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ulum, Jumat (23/5) siang.

Jaringan Lirboyo, kata Taqi, memang cukup kuat di kalangan pesantren di Kabupaten Semarang. Banyak kiai atau ustaz pesantren di Kabupaten Semarang yang merupakan alumni dari pesantren yang cukup tua di Jawa Tengah tersebut.

“Ada sekitar 70-an pesantren. Sebagian dari alumni Lirboyo,” jelas Taqi yang juga Sekretaris Rabithah Maahid Islamiyah (RMI) Kabupaten Semarang, salah satu badan otonom NU yang mengurusi pondok pesantren.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca