Eva Kusuma Sundari : Mendagri Harus Tegas Terhadap Perda Diskriminatif

0
Eva Kusuma Sundari, Politisi PDIP

Jakarta – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Eva Kusuma Sundari menilai Kementerian Dalam Negeri masih belum membuat terobosan untuk mendukung jalannya tata kelola pemerintahan yang inklusif.

Kritikan tersebut dilontarkan oleh politisi PDIP Eva Kusuma Sundari, meskipun saat ini kementerian dalam negeri dipimpin oleh tokoh yang berasal dari PDIP, Tjahjo Kumolo.

“Di kementerian dalam negeri sekarang saya lihat belum ada terobosan, meski menterinya dari PDIP,” katanya saat mendiskusikan hasil riset Abdurrahman Wahid Center – Universitas Indonesia mengenai tata kelola pemerintahan inklusif di Jakarta, Rabu (24/12).

Menurutnya, di beberapa daerah seringkali kelompok minoritas ditekan dengan tujuan untuk memenangkan pemilihan kepala daerah. “Dimanupalsi agar kepentingan-kepentingan jangka pendek bisa jalan,” tukasnya.

Selain itu, lanjutnya, hingga saat masih banyak Peraturan Daerah yang sebenarnya cenderung memberikan perlakukan diskriminatif terhadap minoritas, kaum perempuan dan tidak sensitif terhadap Hak Asasi Manusia.

Oleh karena itu, dia berharap ada langkah serius yang bisa dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk menekan kepala daerah agar bisa mencabut beberapa perda yang masih diskriminatif terhadap kaum minoritas dan kaum perempuan, maupun Perda yang tidak sensitif terhadap HAM. “Ke depan saya berharap kepemimpinan yang tegas dan kuat dari Mendagri,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca