Politisi PAN Justru Khawatir, Muncul Persoalan di DPR Jika BG Tidak Dilantik

0
Diskusi Polemik Sindo Radio dengan tema "Menanti Ketegasan Jokowi" di Warung Daun Cikini

Jakarta – Ketua DPP Partai Amanat Nasional Viva Yoga Mauladi menyatakan, persoalan pelantikan Kapolri sebenarnya berada di tangan Presiden Joko Widodo setelah semua proses politik dalam fit dan proper test di DPR terlewati.

“Setelah DPR memberikan persetujuan, semua tergantung Presiden,” katanya dalam diskusi Polemik Sindo Radio dengan tema “Menanti Ketegasan Jokowi” di Warung Daun Cikini Jakarta, Sabtu (31/01).

Pelantikan itu sendiri, ungkapnya, bisa dilihat sebagai persoalan hukum maupun persoalan politik. Pelantikan tersebut dibarengi dengan keluarnya sebuah Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Presiden jika merujuk proses politik yang sudah dilewati di DPR.

“Dengan ditetapkannya persetujuan DPR soal Kapolri, apakah (Presiden) akan menetapkan dalam bentuk SK atau tidak dalam bentuk SK,” ucapnya.

Namun demikian, Viva Yoga mengingatkan, kalau Kapolri yang ditetapkan Presiden Jokowi bukanlah Komjen Pol. Budi Gunawan, bukan tidak mungkin akan menuai persoalan di DPR.

Sebabnya, beberapa waktu lalu 9 fraksi menyatakan persetujuannya atas calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden untuk dilakukan fit dan proper test di DPR. “Jika Presiden tidak menetapkan BG sebagai Kapolri, maka akan ada persoalan baru di DPR,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca