PKS Partai Terbaik Dalam Transparansi Laporan Keuangan

0
Simpatisan dan Kader PKS Memutihkan GOR Delta

Jakarta – Indonesian Corruption Watch (ICW) mengeluarkan hasil kajian tentang transparansi laporan keuangan Partai Politik di Indonesia. Dari sembilan Partai yang dinilai, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menempati urutan pertama sebagai Partai paling transparan laporan keuangannya.

Peneliti ICW, Abdullah Dahlan mengatakan bahwa saat pihaknya meminta akses laporan keuangan kepada sembilan Partai yang diteliti, PKS menjadi partai pertama yang memberikan data tersebut dan menyajikan secara lengkap dan transparan.

Selain sebagai partai yang pertama memberikan Laporan keuangan, PKS juga adalah partai yang memberikan laporan yang sudah teraudit. Dan laporan tersebut langsung diberikan pada mediasi pertama kali. Sementara partai lain setelah mengalami beberapa kali mediasi baru memberikan.

Setelah PKS, partai berikutnya yang cepat merepson permintaan Laporan keuangan tersebut adalah Partai Golkar setelah melalui mediasi ketiga.

“Partai ketiga adalah PKB melalui mediasi ketiga. Namun laporan yang diberikan belum diaudit,” jelas Abdullah.

PAN merupakan partai keempat yang memberikan laporan keuangan, tapi diberikan setelah melalui proses ajudikasi untuk mematuhi ketentuan dari Komisi Informasi Publik (KIP). Partai selanjutnya adalah PPP yang juga melalui proses ajudikasi.

Sementara PDIP sebagai partai pemenang Pemilu menempati urutan keenam partai yang patuh memenuhi ketentuan transparansi publik dalam laporan keuangan partai. PDIP baru memberikan laporan keuangannya setelah diadakan 4 kali mediasi dan laporannya masih tahap audit.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca