Tidak Hanya PDIP, Risma Juga Dinominasikan Parpol Lain di Pilgub Jatim 2018

51
Pilgub Jatim 2018
Risma bersama pelajar Surabaya

SURABAYA, fren247.com – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur yang baru akan berlangsung pada Juni 2018 sudah memanas mulai dari sekarang. Sejumlah Partai Politik mulai mengelus calon jagoannya. Tri Rismaharini menjadi salah satu nama yang paling banyak diperbincangkan untuk ikut berlaga di Pilgub Jatim 2018.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai parpol yang menaungi Risma, lewat DPC PDIP kota Surabaya sudah menyebut nama Risma sebagai salah satu kandidat calon yang bakal diusung pada Pilgub Jatim 2018.

“Kita tahu bagaimana prestasi Bu Wali selama ini, bukan hanya di level nasional, bahkan internasional,” kata Syaifudin Zuhri Sekretaris DPC PDIP Kota Surabaya, Rabu (15/3), menjelaskan alasan PDIP mendukung pencalonan Risma di Pilgub Jatim 2018.

Tidak hanya PDIP, Partai Demokrat juga mulai melirik Risma yang saat ini masih menjabat Walikota Surabaya, sebagai salah satu kandidat yang akan diusung pada Pilgub Jatim 2018.

Soekarwo, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim menjelaskan bahwa Risma bersama Wagub Jatim Syaifullah Yusuf (Gus Ipul), Ketua DPRD Jatim Halim Iskandar, dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, masuk radar Partai Demokrat.

“Hasil finalnya nanti September kita survei siapa yang paling unggul,” ujar Soekarwo, yang saat ini juga menjabat Gubernur Jatim periode terakhir.

Selain Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN) juga memasukan nama Risma sebagai salah satu nominator calon Gubernur Jatim.

Simak: Risma Ikut Berjalan Kaki Meriahkan Parade Juang Hari Pahlawan

Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan, baru-baru ini menyebut Risma sebagai salah satu kandidat calon Gubernur dari luar PAN selain kader internal, Masfuq yang saat ini menjabat Ketua DPW PAN Jatim dan Suyoto Bupati Bojonegoro.

“Kalau dari luar (PAN), ada Gus Ipul (Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf), ada Bu Risma (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini), ada teman baik saya, sahabat saya yaitu Ibu Khofifah (Menteri Sosial Khofifah Indarparanwasa),” jelas Bang Zul, sapaan ketua MPR RI ini, pada 3 Maret lalu, saat berkunjung ke Surabaya.

Sementara itu dari hasil pengamatan yang dilakukan The Initiative Institute terhadap pemberitaan diberbagai media mulai Agustus 2016 sampai 26 Februari 2017, nama Risma menjadi salah satu yang banyak diperbicangkan dan berpeluang maju di Pilgub Jatim 2018, selain Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wagub Jatim saat ini, Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial) dan Abdulah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi).

“Selisihnya tipis antara Gus Ipul dan Risma. Meskipun pilgub masih setahun lebih dan Bu Risma sampai sekarang masih enggan menyatakan maju Pilgub Jatim,” jelas Dr. Airlangga Pribadi Kusman, Direktur The Initiative Institute, pada 1 Maret 2018 lalu.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca