KMP Punya Kepentingan Terhadap Demokrat

4

Jakarta – Pengamat politik Universitas Islam Negeri Jakarta Ahmad Bakir Ihsan menilai, Koalisi Merah Putih mempunyai kepentingan yang besar terhadap partai Demokrat.

Dia menyatakan, hal ini terbaca dengan perubahan dukungan KMP terhadap Perppu Pilkada setelah Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.

“Kalau melihat perubahan sikap KMP dari menolak ke mendukung Perppu setelah SBY bertemu Jokowi-JK terlihat mereka sangat berkepentingan dengan Partai Demokrat,” katanya ketika dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (12/12).

Apalagi, lanjutnya, KMP sebelumnya sudah menandatangani kontrak secara hitam di atas putih dengan Partai Demokrat untuk mendukung Perppu Pilkada yang diterbitkan pada masa pemerintahan SBY. Kontrak antara KMP dan Demokrat itulah yang membuat Golkar akhirnya merasa perlu untuk membatalkan hasil keputusan Munas Golkar di Bali yang justru menolak Perppu No. 1 tahun 2014 itu.

Menurutnya, pilihan politik yang menguntungkan lah yang akan menjadi tujuan. Oleh karena itu, dalam konteks Perppu Pilkada, Demokrat pasti lebih cenderung merapat ke KIH karena sejak awal Koalisi Indonesia Hebat memang mendukung Pilkada langsung. “Terlebih setelah adanya keputusan Munas Golkar yang menolak Perppu pilkada langsung, maka Demokrat merasa perlu untuk memastikan kedekatannya dengan KIH,” tegasnya.

Namun demikian, imbuhnya, kedekatan antara partai Demokrat dengan KIH belum tentu permanen. Sehingga, dalam kebijakan tertentu bisa saja Demokrat merapat ke KMP, namun pada kebijakan yang lain dekat dengan KIH. “PD betul-betul sedang mempraktikkan politik sebagai seni serba kemungkinan (art of possibilities),” tutupnya.

Seperti diketahui, terjadi perubahan sikap di partai pendukung KMP menyikapi Perppu Pilkada setelah pertemuan antara Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Joko Widodo.

Kamis (11/12) kemarin jajaran pimpinan Koalisi Merah Putih menemui Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di kediamannya di Cikeas, Bogor. Dalam pertemuan tersebut KMP menyatakan dukungannya terhadap Perppu Pilkada. Padahal, sebelumnya sangat kencang penolakan KMP terhadap Perppu Pilkada.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca