Pengamat : Jokowi Presiden “By Survei”

2
Pengamat Komunikasi Politik, Tjipta Lesmana

Jakarta – Pengamat politik, Prof. Tjipta Lesmana mengatakan Jokowi terpilih sebagai Presiden karena survei popularitasnya yang tinggi saat pemilihan presiden 2014.

“Jokowi leader by survei. Survei tinggi terus, survei sudah terungkap. Saya berpendapat Jokowi orang baik, Jokowi orang jujur, masalahnya leader by survei, beliau enggak punya apa-apa. Walikota Solo, kecil di Jakarta cuma dua tahun,” ungkap Tjipta diacara peluncuran buku Bambang Soesetyo “Republik Komedi 1/2 Presiden”┬ádi Jakarta hari ini, Minggu (10/5).

Tjipta juga menilai, Jokowi tidak memiliki kekuatan berarti baik kekuatan politik maupun pendanaan. Sehingga Jokowi merapat ke PDI Perjuangan dan partai lain yang menopangnya.

Akibatnya, jelas Tjipta, Jokowi sangat tergantung kepada orang dari partai pendukungnya, karena pada dasarnya Jokowi tidak memiliki kekuatan.

“Saat penyusunan kabinet. Ada ibu Mega drop ini, SP (Surya Paloh) ini, JK ini, beliau engga bisa apa-apa, modalnya survei, duit enggak punya. Lahirlah Rini (Rini Soemarno) dan Sofyan (Sofyan Wanandi),” jelasnya.

 

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca