PDIP Optimis Konstelasi Politik Berubah Di Januari 2015

0

Jakarta – Ketua DPP PDIP Maruaraar Sirait menyatakan optimismenya bahwa situasi politik di parlemen akan segera berubah mulai bulan Januari 2015 mendatang. Terutama jika Perppu Pilkada yang diterbitkan oleh pemerintahan pada masa Susilo Bambang Yudhoyono bisa diterima oleh DPR.

“Makanya tadi saya katakan akan ada konstelasi politik yang berubah. Kalau nggak berubah, harusnya Perppu ditolak dong. Kalau diterima, berarti ada konstelasi yang berubah,” katanya di gedung parlemen Senayan di Jakarta, Kamis (11/12).

Menurutnya, perubahan sikap partai pendukung Koalisi Merah Putih soal Perppu Pilkada mulai terlihat jelas setelah adanya pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang saat ini menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.

“Saya lihat, ini ada perubahan yang mendasar, terutama dari teman-teman KMP sesudah pertemuan antara Pak Jokowi dan Pak SBY,” jelasnya.

Dia menilai, pertemuan antara Jokowi dan SBY membuktikan bahwa pembicaraan keduanya bisa menjadi trendsetter. Bahkan, pria yang dipanggil dengan sapaan akrab Ara itu menganggap, pertemuan antara Jokowi dan SBY itu bisa menjadi contoh kongkrit pemerintahan selanjutnya.

Apalagi, jika keputusan pemerintan sesuai dengan kepentingan rakyat, secara otomatis rakyat pasti akan mendukungnya. “Kami berkeyakinan, minimal mayoritas anggota DPR akan setuju berdiri untuk mendukung Perppu Pilkada,” tegasnya.

Dia menambahkan, tantangan DPR saat ini adalah menghilangkan persepsi publik yang kurang baik terhadap angota dewan yang berkantor di parlemen. Pasalnya, rapat antara DPR dan pemerintah belum bisa berlangsung secara efektif pada masa sidang perdana DPR beberapa waktu lalu.

“Ada kecenderungan gontok-gontokan. Januari, kita masuk sidang, kita berikan kado tahun baru lah bagi rakyat untuk mendukung daripada Perppu ini secara aklamasi,” tutupnya.

Seperti diketahui, pasca pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, partai KMP yang sebelumnya menolak Perppu Pilkada justru berbalik mendukung Perppu. Bahkan, Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dalam cuitan di twitternya menyatakan mendukung Perppu Pilkada. Padahal, hasil Munas Golkar di Bali mengamanatkan DPP untuk menolak Perppu No. 1 tahun 2014 itu.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca