PDIP Disindir Jalankan Peran Seperti Oposisi Bagi Pemerintah Jokowi

1
Pengamat politik CSIS Philip Vermonte

Jakarta – Pengamat politik CSIS Philip Vermonte merasa aneh dengan komunikasi yang terjalin antara Presiden Joko Widodo dan partai pendukung terbesarnya, PDIP beberapa waktu belakangan.

Menurutnya, posisi PDIP saat ini, seolah-olah menjadi partai oposisi bagi pemerintahan Joko Widodo. “Ini aneh banget. Ada komunikasi yang macet betul antara PDIP dan Presiden,” katanya di Jakarta, Kamis (29/01).

Di seluruh dunia, ucapnya, tidak ada satu pun partai pendukung pemerintah yang akhirnya menjalankan fungsi seperti partai oposisi. “Mungkin karena PDIP terlalu lama, 10 tahun menjadi oposisi,” lanjutnya.

Philip menjelaskan, dalam dua minggu terakhir, justru PDIP bersikap lebih “galak” terhadap situasi nasional dibandingkan partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih. Padahal, situasi saat ini adalah ujian bagi PDIP dalam menjalankan fungsi sebagai partai penguasa.

“Yang punya kepentingan besar pemerintahan Jokowi sukses adalah PDIP. Karena itu, ini test bagi PDIP ketika menjadi partai penguasa,” pungkasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca