Partai Demokrat Apresiasi Langkah Jokowi Tunda Pelantikan Budi Gunawan

0
Ketua DPP Demokrat, Didi Irawadi Syamsudin

Jakarta – Partai Demokrat mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo menunda pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Seperti diketahui semalam Presiden mengeluarkan dua keputusan presiden (Keppres) yang memberhentikan dengan hormat Jendral Po. Sutarman sdari posisi Kapolri dan menunjuk Komjen Pol. Badrodin Haiti sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri.

Ketua DPP Demokrat Didi Irawadi Syamsudin percaya bahwa dikeluarkannya dua keppres tersebut menjadi langkah yang bisa menyelamatkan institusi Polri ke depan.

“Langkah Pak Jokowi langkah strategis yang bisa selamatkan kepolisian. Maka DPR harus bisa memahami apa yang dilakukan presiden Jokowi,” katanya di Warung Daun Cikini di Jakarta, Sabtu (17/01).

Namun demikian, dia mengingatkan, agar Presiden Jokowi harus segera mungkin menetapkan keputusan final siapa yang ditunjuk menjadi Kapolri definitif pengganti Sutarman.

“Saya kira jangan terlalu lama. Pada saatnya harus ada Kapolri yang definitif, karena ke depan banyak tugas besar yang harus diambil dengan keputusan strategis,” pungkasnya.

Didi menjelaskan, jangan sampai isu mengenai pergantian Kapolri menjadi gelindingan bola panas yang tidak berujung, karena Presiden menetapkan Kapolri berikutnya.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar Presiden Jokowi menerapkan kehati-hatian yang tinggi saat akan memilih Kapolri definitif nantinya dan tidak memilih orang yang bermasalah. “Gak boleh salah orang karena Kapolri bergerak di bidang hukum,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca