Paripurna DPR Setujui Penetapan Budi Gunawan Sebagai Calon Kapolri

0

Jakarta – Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya menyetujui hasil fit dan proper test yang telah menetapkan KomJen Pol. Budi Gunawan sebagai calon Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol. Sutarman.

Mayoritas fraksi di DPR memberikan persetujuan setelah melakukan lobby di antara para pimpinan fraksi dan pimpinan DPR. Dari 10 fraksi di DPR, hanya fraksi Demokrat yang tidak menyetujui penetapan Budi Gunawan untuk memimpin Korps Bhayangkara.

“Sesuai dengan rapat konsultassi pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi, disepakati bahwa mempertimbangkan hasil rapat paripurna dan fit dan proper test, komisi III menyetujui pengangkatan Budi Gunawan menjadi kapolri,” kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan saat memimpin rapat paripurna membahas hasil fit dan proper test komisi III di gedung DPR di Jakarta, Kamis (15/01).

Karena hanya fraksi Demokrat yang tidak setuju penetapan Budi Gunawan sebagai Kapolri, Politisi Partai Amanat Nasional tersebut kemudian menanyakan kepada seluruh anggota DPR apakah menyetujui hasil lobby antara pimpinan fraksi dan pimpinan DPR itu. “Ini adalah substansi kesimpulan rapat lobby, apakah dapat disetujui?” tanyanya.

Selanjutnya, para peserta rapat paripurna kemudian menyahut menyatakan persetujuannya. “Setuju,” sambil diikuti suara ketok palu pimpinan DPR.

Sebagai informasi, pada fit dan proper test terhadap KomJen Pol. Budi Gunawan pada Rabu kemarin (14/01), komisi III telah menyetujui calon tunggal Kapolri yang diajukan oleh Presiden Jokowi. KPK sendiri telah menetapkan status tersangka terhadap Budi Gunawan sejak Selasa (13/01) lalu.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca