PAN Tegaskan Dukung Pilkada Langsung Bukan Karena Takut Demokrat Main Mata Ke KIH

0

Jakarta – Partai Amanat Nasional menegaskan alasannya mendukung Perppu Pilkada bukan karena takut Demokrat main mata dengan Koalisi Indonesia Hebat.

Wasekjen PAN Teguh Juwarno mengungkapkan, dukungan terhadap Perppu Pilkada lebih disebabkan karena partai berlambang matahari itu sudah terikat komitmen dengan partai Demokrat untuk mendukung Pilkada langsung.

“Tapi konteksnya kalau kami dari PAN, ini kan sudah bicara soal etika politik dan integritas kita dalam membangun komitmen kerja sama,” katanya di Jakarta, Sabtu (13/12).

Menurutnya, PAN sudah menyepakati dan menandatangani pakta integritas bersama dengan partai Demokrat untuk mendukung pemberlakuan Perppu Pilkada yang diterbitkan saat Ketua Umum partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Presiden. “Dengan demikian kita ingin menjaga etika dan fatsun politik itu,” tegas Sekretaris Fraksi PAN di DPR itu.

Dia menepis, berkembangnya anggapan KMP takut Demokrat pindah ke KIH. Sebab, ungkapnya, dalam hitung-hitungan kekuatan politik, suara KMP di parlemen masih signifikan. “Artinya begini, kalau dalam konteks kalkulasi hitung-hitungan suara, kalau pun Demokrat pindah ke sana, menurut saya tidak persoalan,” cetusnya.

Dia menambahkan, tidak bisa dipungkiri bahwa bahwa ada aspirasi besar dari masyarakat yang masih menghendaki Pilkada langsung. Selain itu, melalui Pilkada langsung banyak muncul pemimpin-pemimpin bagus yang berasal dari berbagai lapisan masyrakat.

“Ini yang kita juga tidak boleh menutup mata. Betul, bahwa Pilkada langsung ada mudharat yang besar, mulai pemborosan, kemudian biaya kampanye yang tidak terkira, inilah yang kita harus cari formula untuk mengefisienkan,” tutupnya.

Sebagai informasi, pasca pertemuan antara Ketua Umum partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo, partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih kemudian berbalik mendukung Pilkada langsung. Padahal, sebelumnya partai-partai di KMP secara lantang menolak Pilkada langsung.

MENARIK DIBACA

loading...

1 KOMENTAR

Tanggapan Pembaca