Nasdem Meyakini Jokowi Belum Akan Reshuffle Kabinet Dalam Waktu Dekat

0

Jakarta – Partai Nasional Demokrat sebagai salah satu partai pendukung pemerintah meyakini Presiden Joko Widodo belum akan melakukan pergantian jajaran menterinya dalam waktu dekat ini.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Ketua Fraksi Nasdem di DPR Johny G. Plate. “Saya kurang yakin (akan ada) resshufle kabinet dalam waktu dekat,” katanya di gedung DPR Senayan di Jakarta, Rabu (10/12).

Menurutnya, umur kabinet kerja yang baru memasuki masa 50 hari tergolong pendek.
Apalagi, dalam masa sidang perdananya, DPR masih belum efektif melakukan rapat dengar pendapat dengan pemerintah. “Rapat di DPR (dengan pemerintah) saja belum dilakukan,” tukasnya.

Sejauh ini, Nasdem belum mengetahui apakah Jokowi akan mereshuffle kabinetnya. Dia percaya, Jokowi pasti akan mengkomunikasikan terlebih dahulu kepada partai pendukungnya menyangkut perubahan jajaran kabinet. “Pasti secara internal, kami akan bicarakan dengan Presiden,” ucapnya.

Dia menegaskan, sebagai kepala pemerintahan, Presiden Joko Widodo mempunyai hak untuk mengganti para menteri yang jadi pembantunya. Walaupun tidak bisa dipungkiri, dukungan politik terhadap kabinet pemerintahan tetap dijadikan salah satu pertimbangan Jokowi dalam memilih para menterinya.

Namun demikian, imbuhnya, bukan berarti anggota kabinet yang berasal dari partai politik untuk memenuhi syarat yang diajukan partai pendukung. Sehingga, bisa saja kalau nantinya Jokowi melakukan reshuffle bukan sesuatu yang tidak mungkin berasal dari partai di luar Koalisi Indonesia Hebat. “Tapi (itu dilakukan) di dalam konteks kinerja yang lebih baik,” tutupnya.

Sebagai informasi, kabinet kerja pemerintahan Joko Widodo sudah memasuki masa 50 hari sejak dilantik pada 20 Oktober lalu. Salah satu yang menjadi sorotan publik dalam 50 hari pertama pemerintahan Jokowi adalah soal ditunjuknya menteri dengan latar belakang partai politik pada pos kementerian strategis.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca