Munas Golkar Presidium Penyelamat Partai Resmi Dibuka

0
Munas Golkar Ancol, Presidium Penyelamat Partai

Jakarta – Munas Golkar yang diselenggarakan oleh Presidium Penyelamat Partai Golkar akhirnya dimajukan menjadi hari ini. Munas secara resmi dibuka oleh Ketua Tim Presidium Penyelamat Partai Golkar Agung Laksono.

Munas mulai berlangsung pukul 20.00. Hadir dalam Munas yang bertempat di Hotel Aston Mercure Jakarta ini Tim Presidium Penyelamat Partai Golkar Agung Laksono, Agun Gunanjar Sudarsa, Priyo Budi Santoso, Ibnu Munzir, Laurens Siburian, Yorris Raweyai, dan Zainuddin Amali, serta pengurus DPD I dan II Golkar. Di lokasi pelaksanaan Munas, juga terlihat Anggota Dewan Pertimbangan Golkar Fahmi Idris dan Andi Matalata, serta Gubernur Sulsel Anwar Adnan Saleh.

Ketua Tim Presidium Penyelamat Partai Golkar Agung Laksono menyatakan dalam sambutannya, tugas Tim Penyelamat Partai hanyalah mengantarkan sampai terselenggaranya Munas Golkar yang dijalankan sesuai dengan AD/ART dan prinsip organisasi partai.

Menurutnya, Munas akan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap calon Ketua Umum untuk maju dalam pencalonan. “Tanpa adanya suatu tindakan yeng tergolong intimidatif, intervensi dengan menggunakan institusi partai, bahkan tindakan yang sifatnya transaksional,” katanya di hadapan peserta Munas Golkar di Jakarta, Sabtu (06/12).

Dia menyatakan, seharusnya Presidium Penyelamat Partai menyelenggarakan Munas pada Januari 2015. Namun melihat situasi Golkar yang tidak menentu dengan adanya pelaksaan Munas di Bali, akhirnya diputuskan untuk melaksanakan Munas hari ini.

Agung beralasan, Munas terpaksa dimajukan untuk menyeleamatkan partai Golkar. Sebab, banyak agenda politik ke depan yang harus dihadapi partai berlambang pohon beringin itu. “Tindakan Penyelamatan Partai Golkar yang dilakukan tim penyelamat sebagai antitesa penyelenggaraan Munas di Bali,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Munas Golkar Presidium Penyelamat Partai Golkar, Yorrys Raweyai, mengungkapkan meskipun hanya melakukan persiapan selama dua hari, akhirnya Munas Golkar bisa dilaksanakan. “Dalam waktu yang singkat, dua hari, kita telah mampu melaksanakan Munas. Dan atas nama keluarga besar partai Golkar kami memberikan apresiasi kepada peserta Munas Golkar ke IX ini,” katanya saat memberikan sambutan.

Dia menyatakan, publik perlu dijelaskan bahwa perserta Munas adalah pemimpin di masa mendatang. Sebab, Golkar merupakan partai kader. Dia menyayangkan, apabila pengkaderan sia-sia karena adanya ketidakrelaan menyerahkan tampuk kepemimpinan. Yorrys juga mempertanyakan jika ada yang mengklaim kesuksesan Aburizal Bakrie saat memimpin Golkar. Dia menganggap, klaim kesuksesan itu tidak bisa diterima oleh akal sehat.

Menurutnya, agar Golkar bisa sukses dalam pemilu selanjutnya, Ketua Umumnya harus bisa menjadi figur sentral dan ikon untuk partai berlambang pohon beringin itu. “Kami penyelenggara hanya sebagai wasit, tapi Golkar harus diselamatkan. Golkar bukan hanya milik sekelompok orang. Tapi kolektif kolegial,” tegasnya.

Sebagai informasi, Presidium Penyelamat Partai Golkar akhirnya memajukan jadwal Munas yang sebelumnya dijadwalkan pada Januari 2015. Munas dibuka hari ini dan dihadiri 384 anggota DPD I dan II Golkar se-Indonesia. Tiga orang yang akan maju sebagai calon Ketua Umum pada Munas adalah Agung Laksono, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Priyo Budi Santoso.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca