Menanti Kabinet Profesional Jokowi – JK

0

Jokowi-dan-JK

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi), menurut rencana hari ini, Selasa (21/10), akan mengumumkan nama-nama yang akan membantunya dalam Kabinet mendatang. Berembus kabar, Jokowi akan mengumumkan susunan Kabinet tersebut di wilayah Jakarta Utara, nanti malam.

Banyak pihak menunggu seperti apa sususan Kabinet yang akan dibentuk oleh Jokowi. Ini terkait dengan janji Jokowi pada masa kampanye yang akan membentuk Kabinet profesional yang fokus untuk bekerja.

“Kita ingin membangun kabinet kerja, bukan kabinet politik. Saya akan ngotot untuk bangun kabinet kerja,” janji Jokowi pada 15 oktober dalam pertemuan dengan Forum Pemimpin Redaksi di Restoran Horapa, Jalan Teuku Cik Ditiro, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi juga menyampaikan tidak akan bagi bagi kursi pada pada Partai Koalisi yang mendukungnya. Alasan Jokowi tak ingin pemerintahannya tersandera koalisi partai politik dan kabinet bukan diisi personel hasil bagi-bagi kursi, melainkan orang yang kredibel di bidangnya.

“Beban masalah kita di Indonesia berat. Saya ndak ingin menteri kita nanti sibuk urus partai, saya bilang ndak ada.” tegas Jokowi masa itu.

Selain itu Jokowi juga menegaskan bahwa menteri yang ditunjuk tidak boleh merangkap jabatan sebagai Ketua Umum Partai Politik. Hal ini kembali ditegaskan Jokowi menjawab spekulasi yang berkembang akan adanya salah satu ketua partai koalisi Indonesia Hebat yang akan menjabat menteri.

“Sudah disampaikan tidak. Tidak boleh rangkap jabatan. Kerja di satu tempat saja belum tentu benar kok,” tegas Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (21/10) pagi tadi.

Banyak pihak berharap Kabinet yang dibentuk Presiden Jokowi nanti lebih banyak memberikan kesempatan kepada kalangan profesional seperti yang pernah dijanjikan Jokowi. Harapan itu diantaranya diungkapkan Ketua Fraksi Demokrat di DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono, yang akrab disana Ibas.

“Saya harap banyak kaum profesional selain parpol yang gabung. Right man on the right place,” harap Ibas, saat dijumpai awak media di Kompleks Parlemen, Selasa (21/10).

Beberapa waktu yang lalu, Jokowi – JK sempat mengumumkan komposisi kabinet yang akan mereka bentuk. Dimana Kabinet Jokowi-JK tetap berjumlah 34 orang dengan komposisi 18 menteri dari kalangan profesional murni dan 16 lainnya dari kalangan profesional partai.

”Ini agar terciptanya pemerintah yang bekerja, terkonsolidasi, dan hadir di tengah-tengah rakyat. Kami putuskan kementerian jumlahnya 34,” Jelas Jokowi dirumah Transisi pada 16 September lalu. (AWIK)

MENARIK DIBACA

loading...

1 KOMENTAR

Tanggapan Pembaca