Lama Waktu Penyusunan Kabinet Jokowi Mengincar Rekor Kedua

0

Jokowi jumpa pers

Jakarta – Hingga pagi hari ini, Jumat (24/10), susunan Kabinet Joko Widodo (Jokowi) belum juga diumumkan. Dari penjelasan yang disampaikan Presiden Jokowi dalam jumpa pers yang diadakan di samping Istana Merdeka tadi malam, Kamis (23/10), kemungkinan pengumuman nama-nama Menteri, baru bisa dilakukan minggu depan.

Penundaan pengumuman ini terkait dengan hasil penelitian terhadap delapan nama menteri baru yang dilakukan KPK. Delapan nama tersebut adalah pengganti delapan calon menteri yang di stabilo oleh KPK beberapa waktu lalu. Selain menunggu KPK, Jokowi juga masih menunggu balasan surat yang ia kirim ke DPR terkait nomenklatur Kementerian yang pembahasannya baru dilakukan DPR pada Senin depan.

Lamanya pengumuman Kabinet Jokowi ini, dari data yang kami miliki, bisa mengalahkan waktu yang dicapai oleh mantan Presiden Indonesia ketiga KH. Abdurrahma Wahid (Gus Dur). Pada masa Gus Dur, susunan kabinet baru diumumkan setelah 6 hari dari waktu pelantikannya pada 20 Oktober 1999.

waktu bentuk kabinet jokowi

Waktu pengumuman Kabinet terlama dipegang oleh Megawati Soekarnoputri, yang dilantik menggantikan Gus Dur pada 23 Juli 2001 sebagai Presiden Indonesia keempat. Megawati memerlukan waktu 18 hari untuk dapat menyusun Kabinetnya (lihat Grafis). Rekor waktu terlama Megawati ini tidak mungkin dapat disamai oleh Presiden Jokowi karena pembatasan waktu 14 hari yang diatur oleh Undang Undang No.39/2008 tentang Kementerian.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca