KPU Bahas Penyelesaian Sengketa Pilkada Dengan MA

0
Ketua KPU, Husni Kamil Manik dan Hakim Agung Bidang Tata Usaha Negara Supandi

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membahas penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Daerah dengan Mahkamah Agung (MA).┬áDalam pertemuan tertutup selama kurang lebih dua jam itu baik KPU maupun MA menginformasikan kesiapan masing-masing terkait pelaksanaan Pilkada yang pada 2015 nanti, dijadwalkan berlangsung di 204 daerah, yang terdiri dari 8 provinsi dan 196 kabupaten/kota.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik menyampaikan, sejauh ini MA telah menyampaikan kepada KPU persiapan yang telah dilakukan oleh lembaga yudikatif itu. Demikian juga, KPU menyampaikan apa saja yang telah disiapkan oleh KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu, termasuk juga pemilihan kepala daerah.

“Walaupun posisinya sampai sekarang baru pada tahapan draft peraturan KPU, tapi kami sudah menunjukkan rangkaian kegiatan Pilkada 2015 berkaitan dengan sengketa pemilu, yang di dalamnya ada keterlibatan dari Mahkamah Agung dan pengadilan tinggi,” katanya usai menerima Hakim Agung Bidang Tata Usaha Negara Supandi di gedung KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (09/01).

Sesuai dengan amanat Perppu No. 1 tahun 2014 tentang pemilih Gubernur, Bupati dan Walikota atau lebih dikenal dengan sebutan Perppu Pilkada, MA juga turut dilibatkan dalam penyelesaian sengketa Pilkada. Persiapan yang dilakukan KPU antara lain membuat draft Peraturan KPU (PKPU) sebagai peraturan lanjutan mengenai pelaksanaan teknis Pilkada.

Dia menjelaskan, sejauh ini MA telah menyatakan kesiapannya melaksanakan aturan perundang-undangan dan peraturan KPU menyangkut pelaksanaan Pilkada.

“Pak Supandi menjelaskan, apa yang telah mereka lakukan sampai sekarang, dan menyampaikan sebagaimana tadi telah dipaparkan juga, MA akan menjalankan apapun peraturan perundang-undangan yang memberi kewenangan kepada MA dan akan merujuk juga kepada peraturan yang diterbitkan oleh KPU,” bebernya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca