Kepala Daerah Calonkan Diri Jadi Presiden Bisa Jadi Tren di Pemilu Berikutnya

0

Jakarta – Fenomena kepala daerah mencalonkan diri menjadi Presiden dianggap akan menjadi tren pada pemilu beberapa tahun mendatang. Termasuk pada pemilu berikutnya yang akan berlangsung di tahun 2019.

Pengamat Politik Lingkar Madani Ray Rangkuti dalam catatan akhir tahunnya mencatat beberapa peristiwa politik yang terjadi di tahun 2014. Salah satunya, peristiwa politik yang terjadi pada saat pemilihan presiden pada bulan Juni lalu, di mana seorang kepala daerah bisa naik kelas ke posisi RI 1.

Dia menyampaikan, jejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang karir politiknya dimulai dari menjadi Walikota di Solo, kemudian menjabat Gubernur DKI Jakarta, dan terkahir terpilih sebagai Presiden akan diikuti oleh kepala daerah lain.

“Saya rasa kepala daerah naik kelas akan jadi tren di masa mendatang. Kepala Daerah akan dipaksa berkompetisi dari lokal di tingkat Kabupaten Kota, ke Provinsi lalu jadi Calon Presiden,” katanya saat menyampaikan catatan akhir tahunnya di Jakarta, Senin (22/12).

Bahkan, ucapnya, bukan tidak mungkin Jokowi akan bertanding dengan calon presiden yang sebelumnya pernah menjabat sebagai kepala daerah, apakah sebagai Bupati/Walikota atau Gubernur. “Saya menduga tahun 2019 jika Jokowi kembali mencalonkan jadi incumbent, akan mendapat tantangan dari Kepala Daerah saat ini baik dari tingkat Kabupaten atau Provinsi,” tukasnya.

Ray sendiri menilai fenomena kepala daerah yang naik tingkat menjadi Presiden seperti ditunjukkan oleh keberhasilan Jokowi memenangkan Pilpres di tahun 2014 ini menjadi sesuatu yang baik bagi kepala daerah lainnya. “Karena bagaimana pun dengan fenomena Pak Jokowi ini merangsang kepala daerah lain untuk mendapatkan apresiasi,” sambungnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca