Jokowi: Waspadai Kecurangan Saat Pileg

0

Jokowi Ganjar

Jakarta –┬áCapres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengindikasikan akan adanya kecurangan yang dilakukan pihak tertentu dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April nanti. Untuk itu, Jokowi, sapaan Joko Widodo, meminta pendukungnya terutama para saksi mengawal ‘pesta demokrasi tersebut hingga tuntas.

[ads2][ads1]

“Setelah coblos ikut perhitungannya, saksi harus mengawal. Karena ini kayaknya ada yang mau curang,” kata Jokowi kepada ribuan kader dan simpatisan PDIP yang menghadiri kampanye terbuka di Stadion Cendrawasih, Jakarta Barat, Minggu (16/3).

Jokowi meminta kader dan simpatisan PDIP mengawasi mulai dari penghitungan di TPS. Dikhawatirkan, jika tidak dikawal akan terjadi pengurangan jumlah suara.

“Tolong diikuti dengan hati-hati jangan sampai nanti sudah 240 sampai kelurahan nolnya hilang. Saksi sangat menentukan,” jelasnya.

Jokowi menegaskan kemenangan di Pileg terutama di daerah pemilihan DKI Jakarta akan menentukan hasil pada Pilpres. Untuk itu, setiap kader dan simpatisan PDIP harus berjuang keras.

“Kalau pileg sudah menang urusannya baru pilpres. Harus menang mutlak, kalau DKI menang biasanya anginnya ke seluruh Indonesia, tapi saya yakin dengan kerja keras akan menang,” katanya.

Sementara itu, Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo mengungkapkan adanya indikasi kecurangan terllihat dari persoalan DPT yang belum tuntas. Selain itu, potensi kecurangan juga terlihat dari materi pembuatan kotak suara yang hanya dari kardus.

“Tahun 1955 dengan ekonomi yang terpuruk, kotak suara itu dari kayu, tapi sekarang dari kardus. Inikan indikasi-indikasi yang harus kita cermati dengan baik,” katanya.

Untuk itu, Tjahjo meminta pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertanggung jawab agar pelaksanaan pileg dan pilpres berjalan dengan jujur dan adil.

“Makanya kami minta pemerintah harus bertanggung jawab tidak hanya KPU, untuk bisa melaksanakan proses pileg dan pilpres dengan jujur dan adil,” tegasnya. (pdip)

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca