Jokowi : Pengumuman Kabinet Menunggu Hasil KPK

0

Jokowi jumpa pers

Jakarta – Dalam jumpa pers yang diadakan secara mendadak disamping Istana Merdeka pada Kamis malam (23/10), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penjelasan kenapa pengumumam Kabinet belum juga dilakukan.

Jokowi menjelaskan, belum mengumumkan Kabinet karena harus menunggu sejumlah proses yang harus diselesaikan. Diantaranya mencari delapan orang pengganti yang distabilo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kita menganut prinsip kehati-hatian. Waktu kita sampaikan ke KPK kan ada yang harus diulang. Kita sampaikan ke KPK lagi. Sampai sekarang ini belum keluar dari KPK,” jelas Jokowi.

Selain masih menunggu hasil penelitian KPK, Jokowi juga menyampaikan bahwa ia juga masih menunggu surat jawaban dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait nomenklatur Kementerian yang berubah.

Dari informasi yang berkembang, kemungkinan Kabinet baru akan diumumkan minggu depan. Selain menunggu hasil penelitian KPK juga disebabkan surat Presiden Jokowi ke DPR baru akan dibahas pada Senin depan oleh DPR. Sementara Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR hingga saat ini belum terbentuk disebabkan belum disetornya nama anggota Komisi oleh Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang menjadi partai koalisi pendukung Presiden Jokowi.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca