Isi Putusan PTUN Atas Gugatan PPP Kubu Suryadharma Ali

0

Jakarta – Hasil Keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara seperti tertuang dalam penetapan PTUN Jakarta No. 217/G/2014/PTUN-JKT pada 6 November lalu ternyata belum meredakan konflik di tubuh PPP.

PPP kubu Suryadharma Ali (SDA) dengan Ketua Umum hasil mukatamar Jakarta Djan Faridz menganggap keputusan PTUN tersebut menunda keputusan Menkumham yang mengesahkan kepengurusan kubu Romahurmuziy hasil muktamar Surabaya. Sebaliknya, PPP kubu Rommahurmuziy menilai keputusan PTUN belum menunda SK Menkumham.

Lalu bagaimana sebenarnya isi amar putusan PTUN menanggapi gugatan yang diajukan PPP kubu SDA kepada Menkumham. Berikut kutipan amar putusan PTUN 6 November lalu yang kembali memicu perbedaan pandangan di tubuh PPP:

“Menetapkan:

1. Mengabulkan permohonan penundaan pelaksanaan keputusan yang diajukan oleh tergugat;

2. Memerintahkan kepada tergugat untuk menunda pelaksanaan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: M.HH-07.AH.11.01 Tahun 2014, tertanggal 28 Oktober 2014 tentang Pengesahan Perubahan Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan, selama proses pemeriksaan perkara ini berlangsung sampai dengan putusan dalam perkara ini memperoleh kekuatan hukum tetap;

3. Memerintahkan kepada tergugat untuk tidak melakukan tindakan-tindakan Pejabat Tata Usaha Negara lainnya, yang berhubungan dengan Keputusan Tata Usaha Negara (objek sengketa), termasuk dalam hal ini penerbitan surat-surat Keputusan Tata Usaha Negara yang baru mengenai hal yang sama, sampai dengan adanya islah di antara para elite PPP yang bersengketa;

4. Menunda pembebanan biaya perkara yang timbul karena adanya penetapan penundaan ini bersama dengan putusan akhir;

5. Memerintahkan kepada Panitera atau Wakil Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta untuk menyampaikan dan memberitahukan berlakunya penetapan ini kepada pihak-pihak yang bersengketa, untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya;”

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca