Gerindra Apresiasi Dukungan Ical Terhadap Perppu Pilkada

0

Jakarta – Ketua DPP Gerindra Martin Hutabarat mengapresiasi dukungan Ketua Umum Aburizal Bakrie terhadap Perppu Pilkada yang dinyatakan melalui akun twitternya.

“Saya kira pernyataan Ical itu menunjukan semangat membela kepentingan rakyat di (kalangan) pimpinan partai. Kita hargai itu,” katanya di gedung DPR Senayan, Jakarta Rabu (10/12).

Menurutnya, Gerindra kemungkinan akan menyetujui Perppu No. 1 tahun 2014 itu. Apalagi, di antara Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya memang sudah ada kesepakatan seperti sering dinyatakan oleh SBY. “Saya kira Gerindra tidak keberatan sejauh Perppu itu ada perbaikan,” ucapnya.

Dia menambahkan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sejauh ini menyerahkan sikap yang akan diambil Gerindra di DPR kepada anggota Fraksi. Namun demikian, Martin memastikan, Gerindra akan berusaha menjalankan komitmen antara Ketua Umumnya dengan SBY.

“Kita DPR harus mengamankan keputusan dan kebijakannya. Apalagi beliau dan Pak SBY sudah ada kesepakatan,” tegasnya.

Sementara itu, Politisi PKS Al Muzammil Yusuf mengelak untuk melakukan penilaian terhadap perubahan sikap Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie terhadap Perppu Pilkada ketika didesak wartawan.

“Saya tidak mau menilai itu. Saya ingin mengatakan KMP sejak awal punya komitmen untuk membicarakan dan berkomitmen bersama-sama,” tegasnya.

Menurutnya, partainya akan mempercayakan kepada pimpinan KMP dalam menyikapi Perppu Pilkada, di mana Presiden PKS Anis Matta menjadi salah satu anggota presidium dan sering bertemu dengan Ketua Umum KMP lainnya.

Apalagi, Perppu Pilkada baru akan dibahas setelah reses. Sehingga, masing-masing fraksi mempuntai waktu yang cukup untuk melakukan pembahasan. “Setelah dari fraksi, kita akan melakukan kajian dengan KMP karena penyikapan kita akan bersama,” tegasnya.

Seperti diketahui, salah satu hasil Munas Golkar di Bali pada 30 November hingga 4 Desember lalu telah memandatkan kepada DPP Golkar untuk menolak Perppu No. 1 tahun 2014 tentang Pilkada yang diterbitkan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dalam cuit di twitternya Selasa (10/12) kemarin berbalik justru mendukung Pilkada langsung.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca