Fraksi PDIP dan Hanura Absen Dalam Fit dan Proper Test Calon Pimpinan KPK

2

Jakarta – Komisi III DPR memulai fit dan proper test terhadap Busyro Muqodas dan Robby Arya Barata sebagai dua calon pimpinan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). Fit dan proper test hanya diikuti oleh 20 orang dari seluruh anggota Komisi III DPR yang berjumlah 53 orang.

Dari 10 fraksi di Komisi III, hanya 8 fraksi yang hadir dalam fit dan proper test tersebut. Yang belum terlihat di ruang rapat komisi III adalah anggota DPR dari Fraksi PDIP dan Hanura.

Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K. Harman yang memimpin fit dan proper test mengungkapkan, meskipun tidak mencapai kuorum, fit dan proper tersebut masih bisa dilanjutkan. “Karena rapat ini belum mengambil keputusan,” katanya saat memimpin fit dan proper test calon pimpinan KPK di ruang rapat komisi III DPR Jakarta, Rabu (03/12).

Menurutnya, momentum fit dan proper test merupakan kesempatan yang baik untuk mengekspose di hadapan publik mengenai visi-misi calon pimpinan KPK selama empat tahun ke depan.

Selanjutnya, dia pun membuka fit dan proper test terhadap Busyro Muqodas. “Dengan ini kami menyatakan rapat dibuka dan terbuka untuk umum,” ucapnya sambil mngetokkan palu sidang.

Fit dan proper test yang dijadwalkan berlangsung selama dua jam dari pukul 13. 00 itu diawali dengan fit dan proper test terhadap Wakil Ketua KPK Busyro Muqodas yang kembali mengajukan diri sebagai calon pimpinan KPK. Sedangkan, fit dan proper test kepada Robby Arya Barata akan dilakukan pada termin selanjutnya setelah fit dan proper test terhadap Busyro selesai pada pukul 15.00.

Komisi 3 melakukan fit dan proper test untuk memilih pimpinan KPK pengganti Busyro Muqodas yang masa jabatannya akan berakhir 10 desember mendatang. Nama Busyro dan Robby menjadi nama yang diajukan oleh panitia seleksi pimpinan KPK untuk maju mengikuti fit dan proper test di DPR.

Berdasarkan pantauan fren247, Busyro sudah tiba di ruang komisi III beberapa menit sebelum fit dan proper test dimulai. Saat ditanyakan oleh Ketua Komisi III Azis Syamsudin apakah Wakil Ketua KPK itu sudah siap di-fit dan proper test oleh DPR, Busyro Muqodas menyatakan kesiapannya. “Ya sehat dan siap menjalani fit dan proper test,” ucapnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca