Fit Dan Proper Test Capim KPK Dilanjutkan Kamis Besok

0

Benny-Harman1
Jakarta – Komisi 3 telah melakukan fit dan proper test terhadap salah satu calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqodas. Komisi 3 menyepakati bahwa fit dan proper test baru akan dilanjutkan kembali Kamis besok.

Berdasarkan jadwal, seharusnya hari ini dilakukan fit dan proper test terhadap dua calon pimpinan KPK. Namun, fit dan proper test terhadap calon pimpinan lain yaitu Robby Arya Barata akhirnya ditunda sesuai kesepakatan para peserta rapat komisi 3.

“Tadi setelah capim KPK kita fit n proper tes sampai selesai, lalu teman-teman di komisi 3 mengusulkan supaya seleksi capim kedua dilaksanakan besok pagi jam 10,” kata Wakil Ketua Komisi 3 Benny Kabul Harman usai fit dan proper test terhadap Busyro Muqodas di ruang rapat komisi 3 DPR Jakarta, Rabu (03/12).

Politisi Demokrat yang menjadi pimpinan sidang ini mengungkapkan fit dan proper test terhadap Robby Arya Barata terpaksa ditunda untuk memberikan kesempatan kepada masing-masing anggota fraksi untuk berkomunikasi. “Supaya ada kesempatan dan ruang bagi teman fraksi masing-masing,” lanjutnya

Rencananya, fit dan proper test terhadap Robby Arya Barata akan dilanjutkan dengan kesimpulan untuk dibawa ke rapat paripurna DPR.

Politisi PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengungkapkan, sejauh ini fit dan proper test calon pimpinan KPK terhadap Busyro Muqoddas berjalan dengan lancar. Apalagi, Busyro sudah pernah duduk sebagai pimpinan dalam komisi anti rasuah itu. “Kalau fit dan proper test sih oke-oke saja. Kan Pak Busyro memang sudah pernah anggota biasa, pernah Ketua,” katanya.

Meskipun demikian, dirinya memberi sedikit catatan terhadap Busyro Muqodas saat fit dan proper test yang menyangkut tekanan media yang dianggap bisa mempengaruhi dalam pengambilan keputusan. “Itu bagi saya suatu hal yang menjadi catatan,” jelasnya.

Sedangkan mengenai calon pimpinan KPK lainnya Robby Arya Barata, Aboe mengaku belum bisa memberikan komentar banyak. Sebab, fit dan proper test terhadap Robby baru akan dilakukan Kamis besok pukul 10.00. “Belum dong. Kan besok,” jawabnya singkat.

Adapun politisi Nasdem Patrice Rio Capela berharap, siapa pun yang terpilih di antara dua calon pimpinan KPK saat ini, bisa mampu membawa KPK lebih handal dalam memberantas korupsi. Salah satunya, memperkuat bidang pencegahan.

Menurutnya, meskipun sepak terjang KPK dalam bidang pencegahan tidaklah bisa dikatakan lemah, tapi selama ini masih kurang diberitakan. Pasalnya, masyarakat lebih menyoroti langkah KPK saat menangkap tersangka. “Saya rasa KPK perlu bekerja sama dengan Menteri Pendidikan Dasar dan Perguruan Tinggi untuk meningkatkan pemahaman tindak pidana korupsi,” tukasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca