Fahri Hamzah : Kubu KIH Tidak Boleh Rapat AKD

0

fahri-hamzah

Jakarta – Karena belum juga menyetorkan nama-nama yang akan duduk di Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR, lima franksi dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) terancam tidak dapat mengikuti rapat-rapat Komisi. Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, hari ini Kamis (23/10) di Geduang DPR, Jakarta.

Fahri menjelaskan, karena kelima fraksi tersebut tidak menyerahkan nama anggota yang akan duduk di Komisi maka tidak dapat ikut serta dalam kerja-kerja yang segera akan dilakukan oleh Komisi. Anggota DPR dari lima fraksi tersebut hanya bisa mengikuti jalannya rapat atau kegiatan Komisi.

“Kelima fraksi itu sekarang tidak boleh rapat AKD karena bukan anggota,┬ánamun nonton boleh, sama seperti wartawan,” jelas Fahri.

Sementara untuk pimpinan Komisi dan AKD, Fahri menjelaskan akan dipimpin oleh pimpinan sementara sampai pimpinan definif ditetapkan. Pimpinan sementara akan diambilkan dari Pimpinan DPR RI.

Fahri mencontohkan Agus Hermanto memimpin Komisi IV, V, VI, dan VII dan dirinya memimpin Komisi VIII, IX, X, Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) dan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) sementara Fadli Zon memimpin sementara Komisi I, II, III.

“Pak Fadli misalnya memimpin Komisi II untuk membentuk pimpinan dan bisa merekomendasikan surat pertimbangan yang diminta Presiden Joko Widodo,” jelas Fahri mencontohkan rapat Komisi yang dapat dilakukan untuk menjawab surat Presiden Jokowi perihal Kementerian.

Sebagaimana diketahui dalam Rapat Paripurna yang dilakukan Kamis (23/10) pagi tadi, lima Franksi belum menyerahkan nama anggotanya yang akan mengisi Komisi dan AKD lainnya. Kelima Fraksi tersebut adalah PDI-P, Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Kebangkita Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca