Eva Kusuma Sundari Setuju Menteri Blusukan Agar Dekat Dengan Rakyat

0

Politisi-PDIP-Eva-Kusuma-Sundari

Jakarta – Politisi PDIP Eva Kusuma Sundari setuju apabila para menteri Kabinet Kerja melakukan blusukan agar bisa lebih dekat dengan masyarakat. “Jadi harus setting mindset, menteri sekarang itu harus dekat dengan rakyat, harus merespon kebutuhan rakyat dan berkomunikasi dengan rakyat,” katanya di Warung Daun Cikini Jakarta, Sabtu (08/11).

Dia menilai blusukan menteri susah sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena, Jokowi sudah menegaskan bahwa para menterinya harus mendengarkan apa masyarakat yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, kebijakan publik dianggap tidak akan ada gunanya jika tidak menyentuh kebutuhan yang berhubungan dengan masyarakat. “Oleh karena itu, seperti berkaitan dengan inflasi misalkan, menteri-menteri yang berkaitan dengan pengendalian harga, perdagangan, keuangan dan seterusnya sementerinya turun juga,” katanya.

Eva menepis jika dinyatakan blusukan menteri Kabinet Kerja hanyalah sebuah bentuk pencitraan. Sebab, tidak mungkin ada prestasi jika para menteri hanya duduk-duduk di kantor aja. Apalagi, tugas menteri sebagai pejabat publik adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi, tanyalah kepada rakyat, apakah rakyat keki dengan blusukan tersebut. Siapa sih yang gak suka kalau disapa dan disalami, siapapun, gak usah oleh Presiden. Jadi, saya melihat ini ada kontribusi,” lanjutnya.

Oleh karenanya, dia mengaku heran jika ada yang mengkritik menteri Kabinet Kerja melakukan blusukan ke masyarakat. “Sedang kita tahu bahwa blusukan itu menyapa rakyat. Rakyat yang didatangi dan dilayani kok menjadi persoalan, itu kan aneh,” bebernya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca