Eva Kusuma Sundari : Setahun Waktu Yang Tepat Untuk Reshuffle Kabinet

0
Eva Kusuma Sundari, Politisi PDIP

Jakarta – Politisi PDIP Eva Kusuma Sundari menganggap setahun adalah waktu yang pantas bagi Presiden untuk mengganti para menteri yang tidak bekerja secara optimal.

Dia menilai desakan berbagai kalangan agar Presiden Joko Widodo meresuffle anggota kabinetnya yang belum bekerja optimal adalah hal yang wajar. Apalagi, lanjutnya, selama ini Presiden Jokowi pernah menyatakan akan memberikan penilaian terhadap kinerja menteri kabinet kerja.

“Kinerja akan dinilai, jadi wajar kalau akan ada reshuffle akibat dari penilaian kinerja tersebut,” katanya di Jakarta, Rabu (24/12).

Menurutnya, masa kerja pemerintahan Jokowi-JK yang baru dua bulan bukanlah tergolong waktu yang lama. Sehingga, wajar jika pernyataan beberapa menteri yang memicu polemik langsung ditanggapi secara serius oleh publik.

Namun demikian, dia berpendapat, nantinya Jokowi¬†lah yang akan memberikan penilaian. Selain itu, dia menyatakan, waktu yang paling tepat bagi Presiden Jokowi jika memang bermaksud mengganti para anggota kabinetnya. “Yang paling pantas dinilai itu setahun. Masak baru dua bulan (minta diganti),” cetusnya.

Eva sendiri meyakini bahwa Presiden Jokowi akan terus mengamati, mana para menterinya yang belum menunjukkan performanya secara maksimal.

Dia menyebut bahwa faktor kinerja ini lah yang memang bisa dijadikan indikator penilaian para menteri. “Jadi saya pikir faktornya bukan karena darimana asalnya. Tetapi lebih kepada berperforma bagus apa nggak. Ada kinerja berdampak positif apa nggak. Atau tupoksinya terlaksana atau nggak,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca