Dukungan Ical Terhadap Perppu Pilkada Bisa Berdampak Serius Di Internal Golkar

0

Jakarta – Dukungan Ketua Umum Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie dianggap bisa berpengaruh serius terhadap situasi internal di tubuh partai berlambang pohon beringin. Pasalnya, salah satu faktor dukungan terhadap pria dengan sapaan akrab Ical itu terkait dengan isu kampanye menolak Perppu pilkada.

“Kenyataannya, tak berhitung bulan, ARB malah menganggap hasil Munas seperti tidak ada,” kata pengamat politik Lingkar Madani Ray Rangkuti dalam rilisnya kepada awak media di Jakarta, Rabu (10/12).

Menurutnya, jika merujuk kepada isi twitter tersebut, dukungan politik terhadap Perppu No. 1 tahun 2014 bisa jadi merupakan inisiatif ARB sendiri atau bersama dengan jajaran pengurus DPP lainnya. Sehingga, tidak dilaksanakannya penolakan Perppu Pilkada yang menjadi hasil rekomendasi Munas Bali bukan sebagai pembatalan bersama.

“Di sini, ARB punya potensi akan dipersoalkan pengurus-pengurus di tingkat DPD I dan II. Bahkan tidak menutup kemungkinan akhirnya mereka akan beralih ke pengurusan Agung Laksono. Dibutuhkan kerja ekstra untuk meyakinkan pengurus daerah bahwa mereka tidak sedang dipunggungi,” bebernya.

DPR hampir dapat dipastikan akan menerima Perppu Pilkada langsung setelah Ketua Umum Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie menyatakan bahwa Golkar menerima Perppu lewat akun twitternya. Kendati demikian, Ray menganggap, langkah ARB tersebut juga akan menyisakan persoalan lain.

Dukungan ARB terhadap Perppu Pilkada, imbuhnya, semakin membuktikan bahwa dukungan atau penolakan terhadap Pilkada langsung bukan untuk kepentingan publik, melainkan untuk membangun blok-blok politik. Apalagi, Golkar dan PKS yang sejak awal setuju Pilkada langsung, langsung mengubah haluan jelang pemilihan pimpinan DPR.

“Alasan karena ini kehendak masyarakat tentu tidak tepat. Sebab sejak awal masyarakat sudah memperlihatkan penolakan mereka terhadap pembatalan Pilkada langsung tetapi suara penolakan itu diabaikan begitu saja oleh khususnya fraksi-fraksi di KMP,” tegasnya.

Seperti diketahui, Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dalam cuit di twitternya Selasa (10/12) kemarin berbalik justru mendukung Pilkada langsung. Padahal, sebelumnya hasil Munas Golkar di Bali telah memandatkan untuk menolak Perppu Pilkada dalam pembahasan di DPR.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca