DPR Bentuk Pansus Revisi UU MD3

0
Pansus Revisi UU MD3

Jakarta – Rapat paripurna di hari terakhir sidang perdana DPR siang ini yang beragendakan pengesahan pembentukan Pansus RUU tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD atau yang dikenal dengan sebutan UU MD3 berjalan lancar. Rapat hanya berlangsung sekitar 10 menit dan langsung menyetujui nama-nama yang diajukan untuk pembentukan Pansus untuk mnyelesaikan revisi UU MD3 itu.

Politisi PDIP yang juga anggota Pansus Arif Wibowo berharap, pembahasan revisi UU MD3 bisa segera terselesaikan. “Kalau political willnya baik. Jalan beres,” katanya usai rapat paripurna di gedung DPR Jakarta, Jumat (05/12).

Menurutnya, meskipun keputusan Mahkamah Konsitusi (MK) mengamanahkan pelibatan DPD dalam pembahasan UU. Namun, pelibatan tersebut hanya bersifat usulan. Dia percaya, bahwa tidak akan ada pertentangan dengan DPD mengenai revisi atas UU MD3 ini. “Kan nanti ada pembicaraan. Seluruh UU yang akan diubah melalui prolegnas 2015,” jelasnya.

Ketua DPP Gerindra Desmond J. Mahesa juga menegaskan, revisi atas UU MD3 harus terselesaikan hari Jumat ini. Revisi UU MD3 yang digodok diharapkan akan bisa disahkan hari ini juga. “Malam ini diketok, harus selesai,” ucapnya singkat.

Saat berita ini diturunkan, rapat pansus revisi UU MD3 masih berlangsung. Pansus diketuai oleh Wasekjend Demokrat Saan Mustopa. “Kami akan mulai rapat pansus, ini sudah dihadiri separuh lebih anggota,” ucapnya saat akan memulai rapat yang berlangsung tertutup itu.

Sebagai informasi, tenggat waktu terakhir revisi atas UU MD3 sesuai kesepakatan KMP dan KIH adalah pada 5 Desember ini. Berdasarkan jadwal, malam ini pukul 19.00 menjadi rapat terakhir DPR di masa sidang perdana kali ini.

Berikut nama-nama anggota Pansus RUU tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD:

PDIP: Arif Wibowo, Abidin Fikri, Daryatmo Mardiyanto, Dwi Ria Latifa, I Wayan Koster, Hendrawan Supratikno.

Golkar: Aziz Syamsuddin, Azhar Romli, Markus Nari, Bambang Susatyo, Ferdiansyah, Kahar Muzakir

Gerindra: Martin Hutabarat, Ahmad Muzani, Aryo P.S. Djojohadikusumo, Putih Sari, Ahmad Riza Patria

Demokrat: Saan Mustopa, Benny K. Harman, Jefirstson R. Riwu Kore.

PAN: Yandri Susanto, Muslim Ayub, Haerudin

PKB: Abdul Malik Haramain, Daniel Johan

PKS: Al Muzzamil Yusuf, Abdul Hakim

PPP: Epiyardi Asda, Syaifullah Tamliha

Nasdem: Taufiqulhadi, Syarif Abdullah Alkadrie

Hanura: Rufinus Hotmaulana Huatauruk

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca