Di Tengah KMP-KIH, Demokrat Diprediksi Akan Selalu Punya Posisi Tawar

0

Jakarta – Demokrat diprediksi akan selalu mempunyai posisi tawar dalam konstelasi politik antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Pengamat politik Populi Center Nico Harjanto mengungkapkan, partai Demokrat akan selalu diperhitungkan sebagai kekuatan politik selama lima tahun ke depan. Menurutnya, selain menjadi partai terbesar keempat dalam perolehan suara di pemilu 2014 lalu, posisi Demokrat yang berperan sebagai penyeimbang dalam konstelasi politik nasional sangat strategis.

“Penyeimbang itu tentunya dia akan berada pada posisi yang memang paling menguntungkan dia secara politik,” katanya di Jakarta, Sabtu (13/12)

Dia berpendapat, pada saat pemilihan pimpinan MPR/DPR beberapa waktu lalu Demokrat berada bersama-sama KMP karena tawaran yang disodorkan KMP jauh lebih bagus daripada tawaran yang diberikan oleh KIH. “Karena koalisi KIH ini sudah menyatakan koalisi tanpa syarat dari awal, maka kemudian dia ada di KMP,” jelasnya.

Namun demikian, lanjutnya, pada isu-isu politik lain Demokrat justru bersama dengan Koalisi Indonesia Hebat dalam pertarungan politik di parlemen. Salah satunya dalam konteks Perppu Pilkada.

Nico menyatakan, Demokrat menganggap harus mendukung Perppu Pilkada tersebut karena dianggap warisan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat menjabat sebagai Presiden. “Kebetulan juga Pak Jokowi dan juga partai-partai di koalisi Indonesia Hebat mendukung Perppu tersebut,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pasca pertemuan antara Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo, barisan partai pendukung Koalisi Merah Putih akhirnya mendukung Perppu Pilkada. Salah satu amanat Perppu Pilkada adalah mengembalikan Pilkada tetap langsung dipilih oleh rakyat.

Padahal, sebelumnya KMP sangat mendukung Pilkada melalui DPRD. Dukungan terhadap Perppu Pilkda dinyatakan jajaran pimpinan KMP pada pertemuan di kediaman pribadi SBY di Cikeas pada Kamis (11/12) lalu.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca