Demokrat Tidak Akan Pindah Ke KIH Meski Golkar Tolak Perppu Pilkada

0

Jakarta – Keputusan Munas Golkar yang menetapkan menolak Perppu Pilkada dan mendukung pemilihan melalui DPRD menimbulkan kekecewaan di tubuh partai Demokrat. Seperti diketahui, Perppu No. 1 tahun 2014 itu diterbitkan di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Umum Demokrat.

“Kita kan sudah komit ditandatangani. Sekarang kalau mereka (Golkar) katanya bukan menolak Perppu tapi memperjuangkan pilkada DPRD itu sama saja. Sangat disayangkan sekali,” kata Ketua Harian DPP Demokrat Syarief Hasan di gedung DPR Senayan, Jakarta, Jumat (05/12).

Kendati demikian, dengan penolakan Golkar yang menjadi salah satu partai pendukung KMP itu, Demokrat belum berniat mengubah posisi politik di parlemen untuk mendukung KIH. Syarief menegaskan, partainya akan terus menjadi partai penyeimbang di parlemen. “Pokoknya kami partai penyeimbang, kami menginginkan bukan oposisi. Kalau oposisi apa yang dilakukan selalu berbeda. Kalau kami tidak,” ucapnya.

Menurutnya, selama ini pun posisi partai berlambang mercy itu tidak berada di KMP. Sebab, posisi politik Demokrat tergantung dengan isu yang sedang dibahas di parlemen. “Sejak awal kami memang bukan dari KMP. Kalau isu-isu tertentu, kita bisa ke KMP atau ke KIH,” tegasnya.

Karena itu, lanjutnya, Demokrat akan terus menggalang kebersamaan kepada fraksi di DPR untuk mendukung Perppu Pilkada. “Kita sekarang juga mendukung kebersamaan di Perppu,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy menyampaikan, pihaknya akan menghormati posisi partai Demokrat maupun hasil Munas Golkar. Namun demikian, PAN tetap akan menghormati kesepakatan yang pernah dilakukan sebelumnya. “Politik ini dinamis, tapi kalau PAN menghormati kesepakatan,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Tjatur, PAN akan terus berkomunikasi baik dengan partai Demokrat yang mendukung Perppu Pilkada maupun dengan partai pendukung KMP lain. “Kita akan menjalin komunikasi dengan KMP dan Demokrat seerat-eratnya,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca