Calon Kapolri Dilantik Atau Tidak Sudah Jadi Kewenangan Presiden Jokowi

0

Jakarta – Siang tadi, rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya memutuskan menyetujui penetapan calon Kapolri Komjen Pol. Budi Gunawan untuk dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Ketua DPP Gerindra Desmond J. Mahesa menyatakan, dengan persetujuan rapat paripurna DPR, maka dilantik atau tidaknya Budi Gunawan sangat tergantung kepada Presiden Joko Widodo.

“Itu wilayah Jokowi. Pemerintahan yang akan membuktikan beliau (Jokowi) tidak salah menempuh jalan ini,” katanya di gedung DPR di Jakarta, Kamis (15/01).

Secara pribadi, dia menganggap, pelantikan terhadap KomJen Pol. Budi Gunawan untuk menggantikan Kapolri Jenderal Pol. Sutarman bukan lah pelanggaran hukum. Sebab, status calon tunggal calon Kapolri itu masih tersangka KPK dan belum dinyatakan bersalah oleh kekuatan hukum tetap oleh pengadilan.

“Tidak ada hukum yang dilanggar. Tersangka bukan terpidana. Kalau dia terpidana ada kekuatan hukum tetap,” tegas anggota komisi III itu.

Sejauh ini, KPK telah menetapkan status tersangka kepada Budi Gunawan. Desmond menambahkan, jika nantinya Presiden Joko Widodo melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri, maka selanjutnya tinggal bagaimana KPK membuktikan tuduhannya. Sebaliknya, Budi Gunawan pun harus bisa menjelaskan apa yang dituduhkan kepadanya itu.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca