Bertemu dengan Prabowo, Presiden Jokowi Dinilai Mencoba Perkuat Dukungan Politik

2
Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Gun Gun Heryanto

Jakarta – Pengamat komunikasi politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Gun Gun Heryanto berpendapat, Presiden Joko Widodo mencoba memperkuat posisi tawarnya secara politik dengan bertemu Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto pada Kamis (29/01) lalu.

“Ini lah solusi paling reasonable yang bisa dilakukan oleh Jokowi untuk menaikkan daya tawar,” katanya di Warung Daun Cikini Jakarta, Sabtu (31/01).

Pertemuan Jokowi dengan mantan rivalnya saat menjadi Capres dalam pilpres 2014 lalu, ucap Gun-Gun, setidaknya membuka ruang kepada Jokowi masuk kepada opsi-opsi yang memungkinkan dirinya berada dalam situasi untuk mengeksekusi sebuah kebijakan.

“Ini menurut saya, lebih kepada strategi negosiasi. Daripada dia dalam konteks tekanan yang dahsyat tanpa kemudian dia bisa mengulur kesempatan untuk memanage konflik,” tukasnya.

Namun demikian, Gun Gun menambahkan, bukan berarti proses pertemuan antara Jokowi dengan Prabowo bukan berarti tanpa resiko. “Resikonya adalah dipertanyakan orang orang-orang di inner circle (lingkaran dalam) Pak Jokowi. Kedua, kalaupun dia misalnya berafiliasi dengan kekuatan baru, juga belum tentu akan jadi jaminan, bahwa afiliasi barunya itu, betul-betul all out mendukung Jokowi,” tutupnya.

Seperti diketahui, di tengah persoalan yang mendera KPK-Polri, Presiden Joko Widodo pada Kamis lalu bertemu dengan Prabowo Subianto. Presiden Jokowi sendiri belum menentukan siapa Kapolri definitif berikutnya untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Jenderal Pol. Sutarman.

Komjen Pol. Budi Gunawan, calon tunggal yang diajukan oleh Presiden Jokowi sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Meskipun demikian, DPR tetap menyetujui pelantikan Kepala Lemdikpol itu sebagai Kapolri. Presiden Jokowi sendiri belum menyampaikan sikapnya, apakah akan tetap melantik Budi Gunawan, ataukah menunjuk nama lain untuk jadi Kapolri.

MENARIK DIBACA

loading...

TINGGALKAN TANGGAPAN

Sila masukan komentar anda
Silahkan masukan nama disini