Belum Terlambat Bagi Jokowi Menarik Surat Pengajuan Calon Kapolri di DPR

1

Jakarta – Wasekjen Demokrat Ramadhan Pohan menganggap belum terlambat bagi Presiden Joko Widodo untuk segera menarik surat pengajuan calon Kapolri yang sudah diterima Dewan Perwakilan Rakyat pada 9 Januari lalu.

“Jokowi belum telat. Segeralah tarik surat ke DPR itu, dan segera ganti dengan calon lain,” katanya dalam rilisnya kepada awak media di Jakarta, Selasa (13/01).

Menurutnya, kalau Presiden Jokowi mengabaikan penetapan status tersangka Komjen Pol. Budi Gunawan oleh KPK, dia yakin publik akan kecewa. Bahkan, ucapnya, bukan tidak mungkin rakyat tidak akan percaya kepada Jokowi lagi. “Publik sepenuhnya mendukung KPK. Ini yang harus dicermati Jokowi,” tegasnya.

Dia menyarankan, Presiden Jokowi segera mengirimkan nama calon Kapolri lain kepada DPR. Calon tersebut haruslah calon yang tidak berstatus sebagai tersangka.

Namun, jika Jokowi tetap ingin melanjutkan proses pencalonan Komjen Pol. Budi Gunawan untuk dilakukan fit dan proper test di DPR, Ramadhan meminta DPR untuk menolak calon tunggal calon Kapolri yang diajukan oleh Presiden itu.

“Untuk apa dilanjutkan? Wong sudah TSK kok oleh KPK, yang artinya jelas BG diragukan fit dan proper nya,” pungkasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca