Baru Prabowo yang memenuhi syarat Capres

0

pra-hatta

Jakarta – Prabowo Subianto, Calon Presiden (capres) yang diusung oleh Partai Gerindra satu-satu nya saat ini yang secara resmi memenuhi syarat untuk diajukan pencapresan nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini dikarenakan sudah mendapatkan dukungan resmi secara tertulis dari Partai Amanat Nasional (PAN) melalui Rakernas, rabu (14/5) yang baru lalu.

[ads1][ads2]

Sebagaimana diketahui, syarat sah untuk mengajukan capres haruslah diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki perolehan suara Pemilihan Legislatif (PILEG) nasional sebesar 25% atau perolehan kursi DPR RI sebanyak 20% dari 560 kursi.

Gerindra dalam PILEG 2014 yang baru lalu, memperoleh 73 kursi DPR-RI, sementara PAN berhasil mengumpulkan 49 kursi DPR-RI. Jumlah perolehan kursi koalisi Gerindra dan PAN sebanyak 122 kursi, sudah melebihi syarat 112 kursi untuk dapat mengusung capres-cawapres sendiri.

Fadli Zon, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, menegaskan hal ini saat melakukan kunjungan ke rumah Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem, Rachmawati Soekarnoputri di Jalan Jati Padang Raya, Kamis (15/5).

“Kami sudah mendapatkan itu (syarat minimal). Dukungan sudah ditandangani dan sudah diputuskan dalam Rakernas,” ujar Fadli.

Jokowi, Capres dari PDI-P, hingga saat ini belum mendapatkan surat dukungan secara resmi dari partai koalisi yang mendukungnya, baik Nasdem maupun PKB. Sementara surat resmi pencalonan dari PDI-P pun belum pernah dikeluarkan. Hal ini diketahui dari surat pengajuan cuti Jokowi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tidak disertai lampiran bukti dukungan bahwa Jokowi diusung secara resmi oleh PDI-P maupun partai pendukung koalisinya, Nasdem dan PKB.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca