Ambar Tjahyono Dipecat dari Demokrat Roy Suryo Melenggang ke DPR RI

1

Roy Suryo

Jakarta – Mahkamah Partai Demokrat akhirnya menjatuhkan vonis memecat Ambar Tjahyono dari keanggotaaan Partai Demokrat. Keputusan itu dituangkan dalam Surat keputusan Mahkamah Partai PHPU No.251/DPP-PHPU/2014 yang ditandatangani Ketua Mahkamah Partai Amir Syamsuddin dan anggota Mahkamah Partai Denny Kailimang.

Dalam putusan tertanggal 16 September 2014 tersebut, Mahkamah Partai Demokrat menyatakan bahwa Ambar melakukan perbuatan yang bertentangan dengan AD ART Partai, kode etik, dan pakta integritas Partai Demokrat. Namun, tidak dijelaskan perbuatan apa yang dilakukan Ambar.

Sebagaimana diketahui, Roy Suryo melaporkan Ambar ke Mahkamah Partai Demokrat dengan tuduhan melakukan kecurangan pada Pemilu Legislatif yang diikuti keduanya di Daerah Pemilihan (Dapil) Daerah Istimewa Yogayakarta (DIY). Roy menuduh Ambar telah mencuri suara yang dimilikinya dan caleg Demokrat lainnya dengan cara memanipulasi hasil rekapitulasi form C1.

Dalam amar putusannya, Mahkamah Partai Demokrat memberikan waktu tujuh hari pada pengurus DPP Partai untuk menindak lanjuti hasil keputusan tersebut. Salah satu isi keputusan Mahkamah Partai adalah menunjuk Roy Surya sebagai pengganti Ambar sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019.

Dengan keputusan ini, maka Roy berpeluang melenggang ke Gedung DPR RI menggantikan Ambar. Namun Roy menjelaskan bahwa masih diperlukan waktu dan proses di internal Partai Demokrat sebelum proses eksternal ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca