Website Kemendikbud di serang Hacker

4

web_BSE_di Hack

 

Jakarta – Website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hari ini dilaporkan mengalami serangan oleh hacker. Serangan hacker ditujukan ke database yang terdapat di laman http://bse.kemdikbud.go.id yang merupakan tempat dimana Buku Sekolah Elektronik (BSE) di tempatkan.

Laporan serangan hacker ini disampaikan oleh seoarang pembaca Fren247.com, Bobby Pramana, siang ini (sabtu 16/8), yang mengirimkan gambar halaman website kemendikbud yang berhasil dirubah oleh hacker. Tim IT kami mencoba menelusuri website bersangkutan dan menemukan jejak yang ditinggalkan oleh Hacker yang berhasil masuk ke database BSE kemendikbud.

[ads1][ads2]

Salah satunya yang masih terlihat, Hacker berhasil memodifikasi dan memasukan sebuah link database ke bagian buku kelas 6 SD dialamat http://bse.kemdikbud.go.id/buku/bukusd/kelas6. Bila link tersebut di klik pengunjung akan melihat sebuah buku yang siap di dowload dengan gambar cover seorang pria membawa panah.

Tampaknya perbuatan hacker tidak ditujukan untuk merusak website dan database BSE Kemendikbud, hanya untuk mengingatkan adanya celah keamanan yang terbuka di website kemendikud. Ini semacam peringatan bagi admin atau pengelola website kemendikbud untuk segera memperhatikan keamanan websitenya dan menutup celah keamanan.

Saat tim IT kami mencoba mengakses link dowload yang tersedia, hanya pesan error yang muncul “Mohon Maaf File yang Anda Request Tidak Ada Hubungi helpdesk di (021) 500005”.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca