Tambahan 67 Penyelam Dikerahkan Untuk Evakuasi QZ 8501

0
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F.H Bambang Soelistyo

Jakarta – Badan Sar Nasional terus melakukan proses evakuasi terhadap pesawat Air Asia QZ 8501.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengungkapkan, penyelam tambahan diterjunkan untuk mempercepat proses evakuasi terhadap jenazah penumpang pesawat QZ 8501.

“Tadi pagi tambahan 47 penyelam TNI AL, ditambah 20 personel dari Basarnas,” katanya di kantor pusat Basarnas di Jakarta, Rabu (31/12).

Sebelumnya, 21 penyelam diterjunkan dalam operasi evakuasi yang dilakukan oleh Basarnas pada hari kemarin, terdiri dari 11 penyelam Basarnas dan 10 orang penyelam TNI AL.

Dia menyatakan, cuaca menjadi kendala dalam operasi evakuasi hari ini. Sekurang-kurangnya, 40 kapal laut dan dan 17 helikopter pesawat membantu proses evakuasi pada hari ini. “Saat ini masih hujan dan gelombang tinggi,” ujarnya.

Direktur Operasi Basarnas Tatang Zaenudin menambahkan, 40 kapal laut yang diterjunkan pada hari ini sengaja dikerahkan untuk mempercepat proses evakuasi.

Menurutnya, jika nantinya cuaca mulai membaik, maka seluruh penyelam yang berada di lokasi akan segera melakukan proses evakuasi. “Kalau cuaca bagus dan ada indikasi (keberadaan korban) di bawah laut, kita turunkan semua,” tutupnya.

Sebagai informasi, berdasarkan rencana evakuasi yang disampaikan Basarnas pada Selasa lalu, jenazah penumpang pesawat Air Asia QZ 8510 akan di bawa ke Pangkalan TNI AU di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Sedangkan untuk proses identifikasi jenazah akan dilakukan di Surabaya, Jawa Timur.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca