Soal UN Bocor Diunggah ke Google Drive

2
Mendikbud Anies Baswed

Jakarta – Meski sudah diawasi secara ketat soal Ujian Nasional (UN) masih saja mengalami kebocoran. Diantara kebocoran yang terjadi adalah dengan diunggahnya soal-soal UN ke penyimpanan data online di Google Drive. Soal yang diunggah tersebut dapat diunduh (download) oleh publik secara bebas.

Kebocoran soal UN ini terungkap dari laporan yang masuk ke Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) pada Senin (13/4) sore.

Anies Baswedan, Mendikbud menjelaskan dalam konferensi pers yang diadakan di Jakarta, Rabu (15/4), bahwa pengunggah adalah sebuah percetakan yang berlokasi di Jakarta.

“Secara umum yang melakukan pengunggahan itu adalah perbuatan ilegal. Pelakunya salah satu perusahaan percetakan di Jakarta,” jelas Anies ke awak media di kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (15/4).

Dijelaskan oleh Anies, pihaknya langsung mengambil langkah untuk mencegah kebocoran dan dampaknya dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak.

“Masuk laporan mengenai bocoran soal yang ada di akun google drive. Kami langsung koordinasi dengan Kemenkominfo, dilakukan pemblokiran, karena itu ada di Google, kami langsung telepon Google,” ungkap Anies.

Selain memblokir alamat Google Drive, Anies juga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk mengambil tindakan hukum. Pihak kepolisian dan Kemendikbud akan melakukan penggeledahan di percetakan di Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat.

Hingga saat ini diketahui sebanyak 30 soal dari 11.730 soal yang berhasil diunggah ke Google Drive.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca