Sampai Hari Kelima, Basarnas Sudah Evakuasi 9 Jenazah Penumpang QZ 8501

1
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F.H. Bambang Soelistyo

Jakarta – Hingga hari kelima operasi pencarian dan evakuasi terhadap pesawat Air Asia QZ 8501, Badan SAR Nasional sudah berhasil menemukan 9 jenazah penumpang pesawat yang membawa 155 penumpang dalam perjalanan dari Surabaya menuju Singapura.

Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengungkapkan, total jenazah yang sudah berhasil dievakuasi oleh tim gabungan Basarnas hingga operasi hari ini berjumlah 9 jenazah.

Dia menyatakan, tiga dari sembilan jenazah tersebut belum dapat diterbangkan ke Surabaya. Sedangkan enam lainnya sudah berada di Surabaya untuk dilakukan proses identifikasi oleh tim DVI (Disaster Victim Identification).

“Dari 9 jenazah itu, dua di Pangkalan Bun dan 1 di KRI Yos Sudarso,” katanya saat memberikan penjelasan situasi terkini kepada pers di kantor pusat Basarnas di Kemayoran, Jakarta, Kamis (01/01)

Dia menyatakan, dalam operasi pencarian dengan luas areanya kurang lebih 13.500 KM persegi itu, tim gabungan Basarnas berhasil menemukan dua tas hitam dan satu koper abu-abu. Barang-barang tersebut dibawa oleh helikopter Basarnas dari kapal diraja Malaysia Pahang.

Selain itu, tim gabungan juga menemukan potongan tangga, tabung selam, serta serpihan logam. Saat ini barang-barang tersebut sudah ditransfer dari kapal diraja Malaysia Pahang ke kapal polisi Dolam 4017 dan Kumai 5009 untuk dibawa ke Teluk Kumai.

Bambang menambahkan, kesulitan yang dihadapi oleh tim operasi gabungan Basarnas pada hari ini adalah kondisi cuaca yang kurang bersahabat. “Gelombang di lokasi tingginya 3 sampai 4 meter,” tutupnya.

Sebagai informasi, pada hari ini, 19 kapal dan 4 helikopter dan 5 pesawat jenis fixed wing diterjunkan dalam operasi pencarian dan evakuasi yang dilakukan oleh tim gabungan Basarnas untuk mencari pesawat QZ 8501.

MENARIK DIBACA

loading...

TINGGALKAN TANGGAPAN

Sila masukan komentar anda
Silahkan masukan nama disini